Mahasiswa KKN UMRI Perkenalkan Keripik Biji Karet ke Ibu PKK Desa Ranah Singkuang

Ahad, 02 Oktober 2022 - 14:00:52 wib | Dibaca: 856 kali 
Mahasiswa KKN UMRI Perkenalkan Keripik Biji Karet ke Ibu PKK Desa Ranah Singkuang
Kripik biji karet olahan Mahasiswa KKN UMRI

GAGASANRIAU.COM, KAMPAR - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) sukses memperkenalkan keripik biji karet pada ibu PKK melalui kegiatan sosialisasi produk UMKM.

Kegiatan tersebut digelar di Kantor Desa Ranah Singkuang, Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau pada Rabu, 21 September 2022 lalu, Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K).

yulianti selaku perwakilan Ibu PKK mengatakan keripik biji karet yang dibuat mahasiswa KKN sungguh kreatif dan inovatif. "Belum pernah terpikirkan sebelumnya oleh masyarkat desa sebuah biji karet dapat dijadikan olahan makanan," sebutnya.

Lebih lanjut lagi Yulianti berharap keripik biji karet dapat dimanfaatkan guna meningkatkan perekonomian ibu-ibu didesa ranah singkuang.

Keripik biji karet olahan mahasiswa merupakan hasil buah pemikiran dari rizki pratama selaku anggota KKN. Rizki mengatakan ide ini ditemukannya saat melihat mayoritas penduduk desa ranah singkuang bertani karet.

"Membuat keripik biji karet dari biji karet yang telah matang (jatuh dari pohon). Ini bagus dimanfaatkan untuk diolah menjadi bahan makanan," paparnya.

Rizki juga mengatakan untuk membuat keripik biji karet perlu pengolahan yang baik dan benar dari step by step karena dalam biji karet mengandung racun asam sianida yang berbahya bagi tubuh manusia.

Penulis : Zulkhair Ramadhan, Rizki Pratama, Sri Mayang Annisa, Efrat Hendrawan, Erika Liza Putri, Zidan Alisyajordi, Alvina Mulyani, Ardias Maulana, ahnaf Mujid Muasar, Hasnita Febriani, Nadia Assyifa, Rivaldo Jean, Putri Sahkina


Loading...
BERITA LAINNYA