Menggerakkan Ekonomi Lokal: Dosen UMRI Bantu Pengusaha Ikan Lele di Kabupaten Kampar

Jumat, 06 Oktober 2023 - 21:45:15 wib | Dibaca: 5770 kali 
Menggerakkan Ekonomi Lokal: Dosen UMRI Bantu Pengusaha Ikan Lele di Kabupaten Kampar
Dosen UMRI saat mengunjungi tambak ikan lele di Kampung Lele, Desa Hangtuah, Kecamatan Perhentian Raja, Kabupaten Kampar, Jumat (06/10/2023).

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Dalam upaya untuk mendukung budidaya perikanan lokal dan pemberdayaan masyarakat di wilayah Kampar, Dosen dari Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) telah memulai sebuah inisiatif yang bernama "Pemberdayaan Mitra Usaha Ulam Selamet Farm Ikan Lele." Inisiatif ini bertujuan untuk mengoptimalkan produksi pembibitan ikan lele di Kampung Lele, Desa Hangtuah, Kecamatan Perhentian Raja, Kabupaten Kampar.

Kampung Lele adalah salah satu komunitas yang memiliki potensi besar dalam industri perikanan, khususnya budidaya ikan lele. Namun, tantangan seperti kurangnya akses ke teknologi modern dan pelatihan yang terbatas telah menghambat pertumbuhan dan produktivitas usaha budidaya ikan lele di wilayah ini.

Dosen dari Universitas Muhammadiyah Riau, yang memiliki keahlian dalam bidang pertanian, modifikasi mesin serta alat kontrol telah mengambil langkah untuk memberikan bantuan teknis dan pengetahuan kepada petani ikan lele di Kampung Lele. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini mencakup pelatihan teknis dalam manajemen pembibitan ikan lele, pemberian akses ke sumber daya yang diperlukan, dan dukungan dalam pemilihan bibit ikan yang berkualitas.

Sunaryo, S.T., MT salah satu inisiator kegiatan ini, mengatakan kegiatan ini dapat membantu perekonomian dan juga program pemerintah Kabupaten Kampar. "Kami berharap bahwa dengan memperkuat mitra usaha Ulam Selamet Farm Ikan Lele, kami dapat membantu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani ikan lele di Kampung Lele. Kami juga berkomitmen untuk berkelanjutan dalam memberikan bimbingan teknis dan mendukung perkembangan usaha budidaya ikan ini," ucap Sunaryo.

Sebagai bagian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat, dosen Universitas Muhammadiyah Riau juga akan melakukan pemantauan berkala terhadap progres mitra usaha Ulam Selamet Farm Ikan Lele. Ini akan memungkinkan penyesuaian dan perbaikan berkelanjutan dalam manajemen dan produksi pembibitan ikan lele. Selain itu, program ini juga akan memberikan perhatian khusus pada praktik pertanian yang ramah lingkungan dan berkelanjutan untuk mendukung keberlanjutan sumber daya alam.

Mitra usaha Ulam Selamet Farm Ikan Lele sangat berterima kasih atas dukungan yang diberikan oleh dosen Universitas Muhammadiyah Riau. Mereka berharap bahwa dengan bantuan ini, mereka akan dapat meningkatkan kualitas ikan lele yang dihasilkan, memperluas jangkauan pasar, dan menciptakan lapangan kerja tambahan bagi warga setempat.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah langkah awal dalam upaya jangka panjang untuk menciptakan perubahan positif dalam sektor perikanan di Kabupaten Kampar. Universitas Muhammadiyah Riau berharap bahwa inisiatif ini akan menjadi contoh yang menginspirasi bagi komunitas lainnya untuk berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi lokal.

Dengan adanya kolaborasi antara akademisi dan masyarakat, diharapkan program Pemberdayaan Mitra Usaha Ulam Selamet Farm Ikan Lele ini akan menjadi tonggak penting dalam perkembangan sektor perikanan lokal dan memberikan dampak positif yang signifikan bagi kesejahteraan penduduk Kampung Lele dan sekitarnya.


Loading...
BERITA LAINNYA