Nasional

Jokowi Intruksikan Karhutla Diselesaikan Segera Mungkin

“Saya melihat beberapa titik ada di Riau, di Sumatera Utara, di Sumatera Selatan, saya kira mumpung masih baru 20, baru 30, baru 15  segera diselesaikan sebelum nantinya kalau sudah ribuan itu penanganannya sangat sulit,” imbuh Presiden mengingatkan.

Presiden mengatakan titik kritisnya ada di bulan Agustus, September, dan Oktober, karena itu, sebelum masuk ke titik tersebut, Presiden meminta agar BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Kapolri, dan Panglima TNI, yang  sudah bertemu pada tahun lalu dan awal tahun ini, agar melakukan penyelesaian sedini mungkin sebelum api bergerak kemana-mana.

Presiden menegaskan kembali perintah yang pernah ia berikan kepada Panglima TNI dan Kapolri, bahwa pejabat teritorial  TNI dan pejabat kewilayahan di Polri, baik di Kodam, Kodim, Korem, Polda, Polres sampai di bawahnya harus diikutkan.

“Perjanjian kita saat itu sudah jelas, ada reward dan ada punishment-nya. Saya enggak ulang lagi apa punishment-nya,” tegas Presiden.

Presiden juga mengingatkan perlunya edukasi dan penyadaran serta pembinaan kepada masyarakat. “Saya melihat sudah beberapa provinsi melibatkan masyarakat dalam patroli bersama, saya juga rasa sangat bagus sekali,” ujar Presiden yang mengaku melihat dalam beberapa minggu terakhir ini, penanganan di darat maupun di udara lewat water bombing sudah dilakukan.


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar