Daerah

DPKP Inhil Luncurkan Inovasi Aplikasi Android DAMKAR SIAP

Kadis DPKP Inhil, Ediwan Shasby, saat foto bersama di armada mobil Pemadam Kebakaran Inhil.

GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Meminimalisir terjadinya bencana kebakaran di wilayah padat penduduk Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau, Dinas Pemadam Kebakaran (DPKP) luncurkan inovasi Aplikasi Android DAMKAR SIAP.

Inovasi tersebut diluncurkan dalam rangka mengoptimalkan pengawasan publik terhadap segala penyelenggaraan badan publik dan Permendagri no.16 tahun 2020 tentang nomenklatur DPKP kabupaten/kota dalam pencegahan, pengendalian pemadaman, penyelamatan.

"DPKP berupaya melakukan pencegahan, pengendalian pemadaman, penyelamatan dan penanganan bahan berbahaya dan beracun kebakaran dan evakuasi pada kejadian darurat non kebakaran," kata Kadis DPKP Inhil, Ediwan Shasby, Rabu (8/6/2022).

Dikatakan Ediwan Shasby, insiden kebakaran sering saja terjadi, tanpa mengenal waktu, tempat dan dapat menimpa siapa saja, yang menimbulkan kerugian harta benda bahkan tidak sedikit menyebabkan adanya korban yang meninggal dunia. Apalagi di Inhil sering terjadi kebakaran.

Dikatakan Ediwan Shasby, bencana kebakaran bisa dicegah dan dihindari, apabila penyebab terjadinya kebakaran dapat diketahui sejak dini terutama mewaspadai ancaman kebakaran. Namun, kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan penanggulangan dan kesiapsiagaan terhadap kebakaran harus meningkat.

"Kesadaran masyarakat sangat penting, sehingga potensi kebakaran dapat dikurangi dan dampaknya dapat diminimalisir," terangnya. 
            
Faktor kelalaian/human eror dan kecerobohan menjadi mendominasi terjadinya kebakaran disamping faktor lainnya seperti korslet listrik. Dan apabila kebakaran terjadi pemilik bangunan berperan penting untuk melakukan tindakan pencegahan dan meminimalisir resiko kebakaran dan mengkomunikasikan melalui akses informasi DAMKAR SIAP.

"Ini perlu dilakukan dalam ranga melakukan pertolongan pertama dan apabila kebakaran sudah tidak dapat dikendalikan diperlukan petugas pemadam kebakaran," sambungnya menjelaskan.

Maka dari itu, DPKP membuat terobosan inovasi berupa aplikasi android DAMKAR SIAP yang berarti sebuah makna seorang pemadam kebakaran harus memiliki dedikasi, andal, manusiawi, kreatif, antisipatif, ramah, syukur, ikhlas, amanah dan profesional dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Dengan  sistem aplikasi DAMKAR SIAP dapat menjawab berbagai persoalan masyarakat, pemerintah daerah, perusahan, BUMD, BUMN yang mereka hadapi dengan cepat, tepat, dan terpercaya serta dapat mudah diakses," paparnya.

Bagi para pengunjung (visitor) dan para pengguna (user) baik internal maupun eksternal dinas dapat mengakses informasi yang diperlukan mengenai agenda kegiatan, layanan masyarakat, serta informasi lainnya terkait profil dan kinerja DPKP Inhil dengan akses yang lebih mudah, lengkap dan menyenangkan hanya dengan mendownload melalui ponsel android. Download Aplikasi DAMKAR SIAP


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar