Lingkungan

Kembali Atasi Kebakaran Lahan Warga Pulau Burung, PT RSUP Dapat Apresiasi

Proses Pendinginan Karhutla Lahan KM 2.5 Pulau Burung, Indragiri Hilir

GAGASANRIAU.COM, INHIL - Pada Kamis 25 Juli 2024,  tim PT Riau Sakti United Plantations (PT RSUP) berhasil memadamkan kebakaran di lahan warga KM 2.5 Pulau Burung. Bersama personil Kepolisian Sektor (Polsek) dan Koramil Pulau Burung, selama 2 hari, tim PT RSUP berjibaku memadamkan api.

Rabu, 24 Juli 2024 pukul 04.10 WIB ada titik api yang berasal dari salah satu lahan warga di KM 2.5 Pulau Burung. Api dengan cepat menyebar akibat cuaca yang panas serta angin kencang.

Titik api  terpantau awal dari CCTV menara pantau PT Riau Sakti United Plantations (PT RSUP). Lahan pada KM 2.5 tersebut merupakan lahan yang kerap kali difungsikan oleh kelompok tani untuk bercocok tanam.

Hal ini tentu akan sangat merugikan masyarakat jika api semakin meluas dan tidak bisa dipadamkan.

“Saya mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih atas bantuan cepat tanggap dari PT RSUP. Sampai saat ini lokasi terbakar sudah aman, sudah dalam fase pendinginan, dan dapat dipastikan tidak menjalar masuk ke dalam gambut. Dalam kejadian ini, perkiraan terdapat 2-3 ha lahan yang telah terlalap si jago merah.” ujar Supiansyah, SPI.,MSI, selaku Camat  Pulau Burung.

“Terima kasih untuk tim dari PT RSUP  yang membantu pemadaman api dan cepat serta tanggap untuk menyelesaikannya sehingga tidak menjalar lebih luas,” timpal Iptu Delni Atma Saputra, S.H., M.H selaku Kapolsek Pulau Burung.

“Semoga koordinasi yang baik seperti ini senantiasa dapat terlaksana sehingga Karhutla di lingkungan kita dapat teratasi dengan baik dan aman,” ujar Delni Arma Saputra.

Delni juga berharap agar warga masyarakat juga sadar akan bahaya Karhutla.

"Kami bersama PT RSUP beberapa kali juga telah melakukan edukasi Karhutla ke warga masyarakat, pekebun dan petani, "lanjut Delni.

Warga harus sadar diri atas kerugian jika terjadi Karhutla. Bukan hanya kesehatan, pencemaran lingkungan, namun juga bahaya untuk kerugian materi dan jiwa.

"Bukan kali ini saja PT RSUP membantu memadamkan kebakaran di lahan warga. Hampir setiap ada kebakaran di Pulau Burung team RSUP yang membantu mengatasi pemadaman, "ungkap Supiansyah. 

"Semoga koordinasi aktif dari semua pihak bisa menanggulangi kejadian Karhutla. Dan bersama bisa mencegah Karhutla di Pulau Burung " kata dia lagi.(Rilis)


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar