Daerah

Ingat! Stres Bisa Sebabkan Gangguan Pendengaran dan Penglihatan

gagasanriau.com-Anda sering stres karena masalah di tempat kerja? Jika iya, harus berhati-hati, sebab stres yang kronis telah terbukti menimbulkan efek negatif pada kesehatan tubuh, mulai dari insomnia, berat badan bertambah, meningkatkan resiko penyakit jantung, merusak daya tahan tubuh, sistem pencernaan, dan sistem saraf pusat.
Selain itu, stres juga berkontribusi terhadap penuaan dini.
Ini adalah kerusakan tubuh yang terjadi akibat dari stres:
1. Stres bisa merusak otak
Stres kronis terbukti berkontribusi pada meningkatnya penyakit alzheimer. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa stres yang lebih berat menjadikan otak sebagian perempuan menua lebih cepat dibanding pria.
2. Pekerjaan yang rentan stres bisa merusak sel
Orang yang pekerjaannya berkaitan erat dengan stres akan lebih cepat pendek telomernya. Telomer merupakan bagian ujung sel DNA yang bisa menyebabkan sel mati atau rusak.
3. Stres kurangi kemampuan pendengaran dan penglihatan
Selain mempercepat denyut jantung dan meningkatkan tekanan darah, produksi hormon stres adrenalin juga menyebabkan gangguan penglihatan dan pendengaran.
4. Antisipasi stres bisa mempercepat penuaan sel
Penelitian yang dilakukan di Amerika menyebutkan, bahkan ketika orang berusaha mengantisipasi stres, dan hal itu bisa meningkatkan resiko penuaan dini.
5. Stres sebabkan gaya hidup tak sehat
Selain kerusakan fisik yang ditimbulkan, stres juga membuat kita jadi kurang peduli pada diri sendiri.
Salah satu solusi mencegah stres adalah dengan meningkatkan kebiasaan hidup sehat. Olahraga secara teratur akan melindungi penuaan dini otak. Sebaliknya, kurang tidur akan mempercepat penuaan dini. Seiring makin bertambahnya usia, asupan nutrisi yang bagus menjadi hal yang penting.


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar