Pandemi Tak Halangi Tim KKN Duta Perubahan UNRI dalam Pengabdian

Jumat, 01 Januari 2021 - 15:33:12 wib | Dibaca: 1510 kali 
Pandemi Tak Halangi Tim KKN Duta Perubahan UNRI dalam Pengabdian
Sat perancangan pembuatan website desa bersama kepala desa simandolak, Bapak Pikri

Ditengah pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) yang tak kunjung membaik, sejumlah mahasiswa Universitas Riau (UNRI) Pekanbaru tetap melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN), meskipun dalam bentuk yang berbeda. 
 
Karena terbatas oleh keadaan yang belum memungkinkan sejak ditetapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Pekanbaru dan beberapa kota lainnya. Mahasiswa yang seharusnya melaksanakan kegiatan KKN di sejumlah desa ini pun harus mengurungkan niat baiknya untuk melaksanakan program kerja dengan turun langsung pada masyarakat.
 
Namun tak terhalang oleh keadaan, mahasiswa-mahasiswa ini tetap berinovasi dengan mengganti kegiatan lapangan menjadi kegiatan lain yang sama manfaatnya. Hal ini membuktikan bahwa pandemi tidak menghalangi peran dan fungsi mahasiswa UNRI untuk menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi ke-3 yaitu turun langsung untuk mengabdi pada masyarakat melalui kegiatan KKN.
 
Pemilihan program kerja berupa website database desa ini dikarenakan mahasiswa-mahasiswa tersebut melihat adanya sebuah kesempatan yang baik dalam pengembangan sumber daya lokal serta sektor pariwisata dan perkebunan di Desa Simandolak kecamatan Benai Kabupaten Kuansing Provinsi Riau. 
 
Oleh karena itu gabungan beberapa mahasiswa/i UNRI bersama dosen pembimbing mereka Ibnu Daqiqil ID, S.Kom., M.T.I., memiliki inovasi untuk menciptakan database desa yang berbasis website, guna memberikan informasi tentang kondisi dan situasi terkini Desa Simandolak kepada masyarakat baik dari Desa Simandolak maupun dari luar Desa Simandolak. 
 
Hanya dengan waktu satu bulan, mahasiswa-mahasiswa UNRI ini mampu merampungkan website database Desa Simandolak yang berisikan profil desa hingga potensi-potensi yang dimiliki desa ini.
Dalam proses pembuatan website ini, tim KKN menggunakan web hosting dari WordPress. 
 
Aden Zidane Pangayung, mahasiswa UNRI  yang berasal dari FEB UNRI mengatakan bahwa pemilihan WordPress sebagai hosting desa Simandolak ini dikarenakan penggunaannya yang simpel dan tidak merumitkan. “Kami memakai WordPress karena memikirkan untuk penggunaan kedepannya oleh aparat desa, sehingga dalam proses mengganti data atau tampilan tidak mengalami kendala,” ujarnya. 
 
Namun, Zidane dan tim website yang merupakan mahasiswa/i yang berasal dari FEB, FMIPA,dan FAPERTA yang menjelaskan bahwa pihaknya mengalami sedikit kendala dalam proses hosting ini. “Dalam pembuatan web ini kami belum dapat menggunakan web hosting dari desa.id dikarenakan pendaftaran domain yang sedikit rumit dan membutuhkan waktu yang lama dalam proses konfirmasi di KOMINFO,” tambahnya. 
 
Zidane juga menjelaskan bahwa dalam pembuatan website Desa Simandolak, terdapat beberapa kendala lain seperti kurangnya data yang minim serta adanya kendala dalam komunikasi dengan aparat desa.
 
Beberapa mahasiswa UNRI yang tergabung dalam Tim KKN  ini berharap dengan program kerja KKN berupa pembuatan website database desa dapat bermanfaat bagi warga Desa Simandolak ke depannya. 
 
Website ini sendiri pada saat ini telah dirilis dengan alamat https://simandolakdesa.wordpress.com/ yang dapat diakses oleh berbagai kalangan masyarakat. 
 
Adanya website ini merupakan sebuah potensi bagi Desa Simandolak untuk dapat mengenalkan desa mereka pada dunia luar. Pasalnya, website ini telah mencakup beberapa informasi serta potensi yang dimiliki desa ini.

Loading...
BERITA LAINNYA