Dukung Pengembangan UMKM, Mahasiswa KUKERTA UNRI Sosialisasikan P-IRT

Kamis, 26 Agustus 2021 - 18:43:57 wib | Dibaca: 991 kali 
Dukung Pengembangan UMKM, Mahasiswa KUKERTA UNRI Sosialisasikan P-IRT
Mahasiswa KUKERTA saat sosialisasi PIRT kepada pelaku usaha UMKM di Kelurahan Labuhbaru Timur

GAGASANRIAU.COM, LABUHBARU - Mahasiswa Kukerta UNRI sosialisasikan pengetahuan dan kesadaran akan izin industri rumah tangga kepada UMKM yang beroperasi di Kelurahan Labuhbaru Timur, Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Ketua Tim Kukerta, Rizki mengatakan, Perizinan PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga) merupakan syarat wajib dimiliki setiap produk pangan UMKM sebelum siap mendistribusikan produk ke pasaran untuk memenuhi aspek legalitas dan memperluas jangkauan pemasaran.

"Bukan hanya penting bagi produsen dan konsumen, namun izin ini juga penting bagi distributor sebagai salah satu instrumen utama dalam alur pemasaran produk," kata Rizki, Kamis (26/8).

Lebih lanjut Rizki mengatakan, sosialisasi ini menjelaskan mengenai syarat mengurus P-IRT, tahapan mengurus P-IRT serta manfaat memiliki P-IRT mengingat masih banyak pelaku UMKM belum memiliki izin P-IRT dan bahkan tidak mengetahui adanya perizininan tersebut. 

"Pengetahuan tentang proses perizinan industri rumah tangga adalah hal yang penting untuk diketahui oleh UMKM," paparnya.

Sistem pelaksanaan dari sosialisasi ini yaitu tim KKN mendatangi satu persatu UMKM yang ada di Kelurahan Labuhbaru Timur dengan tujuan untuk menghindari adanya kerumunan ataupun perkumpulan di masa Pandemi Covid-19.

“Setelah sosialisasi ini, diharapkan para pelaku UMKM memiliki pengetahuan dan kesadaran untuk mengurus  P-IRT. Setelah mengantongi izin PIRT, penjualan produk UMKM bisa menjadi lebih luas, ada jaminan izin edar dan meningkatnya kepercayaan konsumen." Tutupnya. 


Loading...
BERITA LAINNYA