Tim KUKERTA UNRI Sosialisasi PHBS di SD 022 Desa Sungai Paku

Sabtu, 30 Juli 2022 - 13:42:05 wib | Dibaca: 516 kali 
Tim KUKERTA UNRI Sosialisasi PHBS di SD 022 Desa Sungai Paku
Tim KUKERTA saat sosialisasi Kebiasaan Hidup Bersih dan Sehat di SDN 022 Sungai Paku Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau pada Jumat pagi ( 29/07/2022)

GAGASANRIAU.COM, KAMPAR - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) Universitas Riau (UNRI) Desa Sungai Paku melakukan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Sosialisasi itu di SDN 022 Sungai Paku Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau pada Jumat pagi ( 29/07/2022), pukul 08:00 WIB sampai dengan selesai. 

Tim KUKERTA, Salsa Wiratama Risman mengatakan, pelaksanaan sosialisasi ini disambut hangat oleh siswa-siswi kelas 1 sampai 3 SDN 022 Desa Sungai Paku.

"Sosialisasi ini dalam rangka pemulihan kebiasaan buruk siswa-siswi guna menciptakan generasi yang sadar tentang perilaku hidup bersih dan sehat," papar Salsa selaku pemateri sosialisasi sekaligus Ketua pelaksana sosialisasi PHBS.

PHBS merupakan salah satu program dari kegiatan Mahasiswa KUKERTA bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya dalam aspek pendidikan sekolah dasar.

"Pengenalan perilaku hidup bersih dan sehat harus dimulai sejak usia dini," paparnya lagi. 

Lebih lanjut Salsa memaparkan, perilaku hidup bersih dan sehat dalam lingkungan sekolah penting untuk ditingkatkan, agar kebiasaan hidup bersih bisa diterapkan dilingkungan sekolah untuk menghindari berbagai penyakit.

“Banyak sekali PHBS yang harus dilakukan di sekolah seperti mencuci tangan yang baik dan benar sebelum atau sesudah makan. Jangan jajan sembarangan. Tidak membuang sampah sembarangan. Serta cara menggosok gigi yang benar,” ujarnya. 

Salsa sebagai pemateri juga mempraktekan bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan yang benar dengan di iringi lagu, siswa sangat antusias mengikuti sosialisasi tersebut.  

Bukan hanya materi PHBS dan praktek cuci tangan dan gosok gigi saja yang di berikan, Tim KUKERTA juga mengadakan game serok makanan, quis berhadiah dan juga senam waka waka supaya siswa makin semangat dalam mengikuti rangkaian sosialisasi tersebut.

Firzi salah satu siswa kelas 2 SDN 04 Sungai paku mengaku sangat senang bisa belajar banyak tentang PHBS, dan juga senang mendapat kan hadiah kuis dan bisa bermain serok hadiah. Ia juga senang bisa berinteraksi dan berkenalan dengan mahasiswa KUKERTA. 

"Saya sangat senang bisa ketemu dan berkenalan dengan kakak-kakak Mahasiswa KKN, saya juga mendapat banyak pemahaman tentang kegiatan PHBS ini dan juga senang bisa mendapatkan makanan dan hadiah," ucap Fikri.

Perilaku hidup bersih dan sehat perlu diterapkan sejak usia dini, salah satu target utama untuk meningkatkan PHBS yaitu di lingkungan sekolah, oleh karena itu sosialisasi PHBS di SDN 022 Sungai paku merupakan sasaran yang tepat dan perlu dilakukan sosialisasi lebih lanjut di sekolah-sekolah lainnya.

Untuk diketahui, Tim KUKERTA tersebut beranggotakan 10 orang, diketuai oleh Yayat Firmansyah dan anggota nya Rahmat Wahyudi, Aljannati Salsabila, Nurfadilla, Faiza Alfiyya Rachmani, Fauza Fitryani, Riski Febrianti, Manisha Syeilola, Salsa Wiratama Risman, Andika Pratama dengan dosen pembimbing Prof. Dr. Rd. Siti Sofro Sidiq, M.Si. 


Loading...
BERITA LAINNYA