Mahasiswa KKN Praktekkan Pembuatan Sabun Cuci ke Ibu PKK Desa Silam

Ahad, 31 Juli 2022 - 16:53:08 wib | Dibaca: 898 kali 
Mahasiswa KKN Praktekkan Pembuatan Sabun Cuci ke Ibu PKK Desa Silam
Foto bersama mahasiswa KKN UNRI Desa Silam usai menggelar sosialisasi dan mendemonstrasikan pembuatan sabun cuci kepada Ibu PKK

GAGASANRIAU.COM, KAMPAR - Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Riau (UNRI) mengenalkan teknik sekaligus mendemonstrasikan pembuatan sabun cuci piring.

Ketua KKN, Resi Putra Prawira mengatakan, pembuatan sabun cuci tersebut guna memenuhi kebutuhan masyarakat Desa Silam, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, serta meningkatkan perekonomian warga setempat.

Dimana saat ini, kata Resi, ekonomi masyarakat sedang morat-marit setelah diterpa badai pandemi. Masyarakat harus memutar otak agar perekonomiannya terpenuhi, ditambahkan lagi harga bahan pokok semakin naik.

"Kebutuhan hidup makin meningkat membuat masyarakat harus memutar otak mencari cara agar kebutuhan ekonominya tetap terpenuhi," kata Resi, Minggu (31/7).

Maka dari itu, papar Resi, Mahasiswa KKK memenuhi himbauan Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UMK) dengan gencar menciptakan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) baru untuk menaikkan kembali perekonomian masyarakat.

Untuk itu Mahasiswa KKN memperdayakan ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) mengolah pembuatan sabun cuci piring guna menambah kepandaian para ibu-ibu tersebut dan harapannya akan dapat dijadikan sebagai peluang usaha.

"Semoga potensi ini dapat dimanfaatkan ibu-ibu memproduksi sabun cuci yang dapat dikembangkan dan dipasarkan melalui UMKM nya," harapnya.

Dalam pelaksanaannya, para ibu-ibu sangat antusias dengan adanya demonstrasi pembuatan sabun tersebut. Terlihat dari banyaknya jumlah ibu-ibu yang hadir mengikuti instruksi dan pemaparan mahasiswa KKN.

Bukan hanya itu, semangat ibu-ibu mengikuti pelatihan tersebut, mereka berbondong-bondong datang mengikuti senam pagi sebelum melaksanakan praktek pembuatan sabun cuci tersebut.

"Biasanya tidak seramai ini ibu-ibu yang mau ikut senam. Ini karena kalian mau ngadain demo buat sabun cuci piring ni,” ucap salah satu ibu yang berada di lokasi dengan tergelak kepada salah satu mahasiswa kelompok KUKERTA UNRI.

Demonstrasi ini mengajarkan bagaimana proses pembuatan sabun cuci piring dengan meracik bahan-bahan yang telah disiapkan mahasiswa, dan menjelaskan mengenai apa saja bahan-bahan yang digunakan serta fungsi dari masing-masing bahan tersebut.

Selain itu, lokasi pembelian bahan hingga alokasi biaya dan keuntungan yang didapat juga diinformasikan kepada ibu-ibu tersebut. Hal ini membuat para ibu-ibu semakin semangat dalam meracik sabun cuci piring tersebut. 

“Kalau begini, bisa untung besar ni, kita tinggal beli bahan dan aduk-aduk di rumah, lalu jual di pasar-pasar. Ini banyak untungnya ni,” ucap salah satu ibu PKK.

Diakhir kegiatan, mahasiswa membagikan sabun cuci piring yang telah dibuat sebelumnya kepada ibu-ibu PKK tersebut untuk dibawa pulang.

Untuk diketahui, Tim KUKERTA Balek Kampung Gelombang 3 Universitas Riau Desa Silam 2022 dengan anggota lengkap Resi Putra Prawira (Sosiologi) sebagai Ketua, Nadya Wulan Dhari (Pendidikan Sejarah) sebagai Sekretaris, Y.A. Rini Shafa Aqilla (PGSD) sebagai Bendahara, Nadira Alifia Ionendri (Teknik Informatika) dan Eria Trinanda (PGSD) sebagi Tim INFOKOM, Nurul Kemala Putri & Waldi Herwanda (Sosiologi) sebagai Tim Koordinasi Lapangan, Nurhasanah Syafriani dan Angelus P Silalahi (Sosiologi) sebagai Tim Konsumsi, dan Januandri Westerling Panjaitan (Hukum) sebagai Tim HUMAS. Menjalankan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan bimbingan serta arahan dari Ibu Resdati, S.Sos., M.Si.

Editor: DaudMNur / Penulis: Nadira Alifia Lonendri

 

 


Loading...
BERITA LAINNYA