Mahasiswa KKN Galakkan Go Green Melalui Penanaman TOGA di Kelurahan Sekijang

Senin, 08 Agustus 2022 - 12:21:27 wib | Dibaca: 1624 kali 
Mahasiswa KKN Galakkan Go Green Melalui Penanaman TOGA di Kelurahan Sekijang
Mahasiswi KKN UNRI foto bersama ibu-ibu penggerak PKK setelah penanaman TOGA di Kelurahan Sekijang

GAGASANRIAU.COM, PELALAWAN - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN Universitas Riau (UNRI) galakkan gerakkan go green dengan menerapkan penanaman bibit TOGA pada 30 Juli 2022 lalu.

Penanaman bibit TOGA atau tanaman herbal itu bersama penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kelurahan Sekijang, Kecamatan Bandar, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

Ketua KKN, mengatakan gerakan go green melalui penanaman bibit TOGA ini dalam rangka mengurangi polusi dan pemanasan global, sekaligus menjadi apotek hidup dalam pemanfaatan tanaman herbal.

"Selain memperbaiki lingkungan, tanaman juga bisa dimanfaatkan untuk obat herbal," kata salah seorang mahasiswa KKN, Wynne Dhea.

Dikatakannya, tumbuhan herbal memiliki banyak khasiat untuk obat- obatan, namun jarang di temui di tempat tertentu, seperti jahe merah, temulawak, serai, dan cabe merah.

Penanaman dan pemanfaatan tanaman obat herbal ini dilakukan karena mudah untuk dibudidayakan dan banyak sekali manfaat serta khasiat dari tanaman obat herbal ini. 

"Tujuan dari penanaman ini agar masyarakat sekitar mudah menemukan tanaman toga untuk di manfaatkan," sebutnya.

Salah satu cara untuk menerapkan pola hidup sehat yang sederhana yaitu melalui penanaman obat herbal, karena hanya dengan memanfaatkan tumbuh-tumbuhan sebagai obat herbal dalam kehidupan sehari-hari.

"Penanaman obat herbal ini dilakukan dengan memanfaatkan lahan kosong dibelakang aula kantor kelurahan sekijang karena lokasinya yang cocok untuk ni untuk dipakai," paparnya.

Adapun tanaman yang ditanam seperti jahe merah, temulawak, serai, dan cabe merah, "KKN UNRI memilih menanam obat herbal karena ada pepatah mengatakan 'Mencegah lebih baik daripada mengobati'." Tutupnya.


Loading...
BERITA LAINNYA