Mahasiswa KUKERTA UNRI Berpartisipasi Pembuatan Sirup Bunga Telang

Rabu, 10 Agustus 2022 - 19:27:25 wib | Dibaca: 786 kali 
Mahasiswa KUKERTA UNRI Berpartisipasi Pembuatan Sirup Bunga Telang
Foto bersama usai berpartisipasi pembuatan sirup bunga telang

GAGASANRIAU.COM, BENGKALIS - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) UNRI 2022 di Kelurahan Batang Serosa, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis ikut berpartisipasi dalam pembuatan Sirup Bunga Telang. 

Ketua TP-PKK, Dian Restuti, A.Md menjelaskan tentang kegiatan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman TP-PKK dan Kader UP2K-PKK tentang pengelolaan dan pengembangan usaha ekonomi keluarga.

Pengembangan usaha itu dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga. Salah satu UP2K yang telah berhasil dikelola oleh pokja III ialah sirup bunga telang. 

“Sirup bunga telang ini menjadi salah satu UP2K pokja III yang paling laris dan banyak diminati bahkan ibu ketua TP-PKK Kecamatan Mandau baru saja memesan sebanyak 5 botol sirup bunga telang” Ujarnya pada Jumat (05/08/2022) lalu.

Clitoria ternatea L atau lebih sering dikenal dengan Bunga Telang merupakan tanaman yang memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh seperti membantu menguatkan memori otak, mengaktifkan peran antioksidan dalam tubuh, dapat membantu mengurangi penyakit diabetes, dan lain sebagainya. 

Bunga telang juga memiliki kandungan Pigmen Antosianin, sehingga tanaman ini dapat dijadikan sebagai pewarna alami diberbagai industri pangan. Bunga Telang termasuk tanaman merambat yang identik dengan warna ungu pada kelopaknya. 

Kegiatan ini dimulai dengan bersilaturahmi ke rumah Ibu Relita Manurung selaku Ketua pokja III. Kemudian, ibu Relita Manurung memberikan penjelasan kepada dosen pembimbing lapangan (DPL), mahasiswa KUKERTA, ketua dan wakil TP-PKK terkait potensi bunga telang sebagai UP2K. 

Setelah itu baru dilanjutkan dengan pengambilan bahan – bahan yang diperlukan, seperti bunga telang dan lemon di kebun hatinya PKK. 

Proses pembuatan sirup bunga telang dilakukan di rumah Ibu Relita Manurung selaku ketua pokja III bidang makanan dan dasa wisma di Gg.Utama RT. 02 RW.05. 
Awalnya Mahasiswa KUKERTA UNRI melakukan kerja sama dengan pihak TP-PKK Kelurahan Batang Serosa untuk menyelesaikan beberapa proker yang berkaitan dengan pihak kelurahan. 

Kemudian ketua TP-PKK mengarahkan mahasiswa untuk bergerak dibidang dasa wisma untuk membantu membangun kembali dasa wisma yang sudah lama terbengkalai akibat banjir.

Dasa wisma adalah kelompok ibu berasal dari 10 kepala keluarga (KK) rumah yang bertetangga untuk mempermudah jalannya suatu program, yang mana dasa wisma ini merupakan salah satu program dari TP-PKK. Dasa wisma dapat dibangun dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah.

Dalam mewujudkan ketahanan pangan berbasis keluarga, lahan pekarangan rumah memiliki potensi yangb besar. Namun pada kenyataannya lahan pekarangan rumah yang masih minim dapat menghambat ter-bangunnya dasa wisma sehingga muncullah program “Hatinya PKK” yang ditaja oleh TP-PKK Batang Serosa. 

Salah satu tanaman yang kami temui dilingkungan Hatinya PKK adalah Bunga Telang. Lalu ibu Relita menjelaskan tentang manfaat bunga telang bagi kesehatan, kemudian ibu Relita memberitahu kepada mahasiswa KUKERTA UNRI bahwa bunga telang sudah menjadi salah satu produksi dari UP2K pokja III seperti Sirup bunga telang, cemilan kuping gajah, agar-agar, pewarna alami untuk PMT posyandu, dan lain sebagainya.

Setelah mendengar hal itu, kami tertarik untuk membantu pokja III dalam memproduksi sirup bunga telang serta membantu dalam memperbaiki label kemasan sirup tersebut.

Adapun proses pembuatan sirup bunga telang, sebagai berikut :

Proses awal pembuatan sirup bunga telang yaitu bunga yang telah mekar kemudian dipetik, pemetikan bunga dilakukan setiap hari secara bergantian oleh ibu-ibu pokja III yang bertugas, kemudian proses berikutnya yaitu pengeringan bunga telang, bunga dikeringkan didalam ruangan terbuka.
Kemudian kita menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti : 20 gr bunga telang yang telah dikeringkan dibawah sinar matahari, 1 kg gula pasir, 250 cc air perasan lemon,  2 gelas air panas untuk melarutkan gula. 

Setelah itu, rebus bunga telang dengan air panas, sembari menunggu rebusan bunga telang, kita melarutkan gula dengan 2 gelas air panas di atas kompor dengan api kecil sambil diaduk selama 1 jam agar gula larut secara merata dan kental, rebusan bunga telang pertama kita tunggu selama 30 menit untuk rebusan yang pertama.

Langkah selanjutnya menyaring rebusan bunga telang. untuk mendapatkan hasil yang bagus, kita dapat merebus kembali bunga telang selama 30 menit untuk rebusan kedua, jika air gula telah larut masukkan rebusan air bunga telang dan perasan lemon sekaligus. 

Kemudian aduk kembali hingga tercampur rata. Lalu sirup didinginkan dan tidak boleh didinginkan di freezer. proses pendinginan dilakukan selama satu malam. 
Setelah sirup telah dingin maka sirup sudah siap dikemas kedalam botol.

Dengan adanya kegiatan pembuatan sirup bunga telang ini diharapkan masyarakat lebih berantusias dalam peningkatan UP2K serta dapat menambah pengetahuan bagi mahasiswa KUKERTA UNRI tentang manfaat dari sirup bunga telang terutama bagi kesehatan.

Kegiatan ini diapresiasi penuh oleh masyarakat terkhusus ketua TP-PKK dengan ibu-ibu PKK pokja III kelurahan batang serosa dan ditutup dengam pemberian sirup bunga telang kepada DPL dan mahasiswa KUKERTA UNRI serta foto bersama.


Loading...
BERITA LAINNYA