Mahasiswa KUKERTA Buka Rumah Belajar di Desa Lubuk Muda

Rabu, 29 September 2021 - 11:18:51 wib | Dibaca: 814 kali 
Mahasiswa KUKERTA Buka Rumah Belajar di Desa Lubuk Muda

GAGASANRIAU.COM, LUBUK BARU - Tingkatkan minat belajar siswa siswi, Mahasiswa KUKERTA Balek Kampung buka Rumah Belajar.

Program pendidikan ini diinisiasi para mahasiswa untuk anak tingkat Sekolah Dasar (SD) di Desa Lubuk Muda, Kecamatan Siak Kecil.

"Untuk menumbuhkan minat belajar siswa/i," kata Akmarifli selaku Ketua KUKERTA dari Universitas Riau, Rabu (10/9).

Dari kegiatan Rumah Belajar dapat dilihat tingkat keberhasilannya yaitu siswa yang sebelumnya tidak bisa membaca dapat mengenal huruf dan bisa mulai mengeja.

"Siswa yang sebelumnya belum lancar membaca sudah mulai lancar membaca, serta adanya peningkatan hasil belajar siswa di sekolahnya," paparnya.

Kegiatan Rumah Belajar berlokasi di Posko KKN yang dimulai pada 19 Juli 2021 hingga 11 Agustus 2021. Kegiatan ini dilaksanakan tiga kali dalam seminggu setiap hari Senin, Rabu dan Sabtu pada pukul 13.00 - 16.00 WIB. 

"Kegiatan ini tetap dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan, seperti pemakaian masker, memakai handsanitizer, serta menjaga jarak dalam proses pembelajaran," jelasnya.

Sebelum itu, Mahasiswa Kukerta Balek Kampung Desa Lubuk Muda juga telah bekerjasama dengan pihak sekolah yaitu SDN 10 Siak Kecil untuk mengarahkan siswa ikut serta dalam kegiatan Rumah Belajar. 

Tujuan dilaksanakannya kegiatan Rumah Belajar yaitu untuk membantu serta meningkatkan ilmu pengetahuan siswa di Desa Lubuk Muda tingkat SD serta mengajak anak-anak agar tidak lalai dalam proses pembelajaran daring yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. 

Selanjutnya, untuk pembimbing kegiatan belajar berasal dari Mahasiswa a Desa Lubuk Muda yang dilakukan secara bergantian. Biasanya siswa yang datang dalam satu hari yaitu 4 -7 orang. Materi-materi yang diajarkan juga materi yang berasal dari guru masing-masing siswa. 

Adapun beberapa kegiatan yang dilakukan yaitu seperti membantu siswa dalam pengerjaan PR, membantu siswa untuk belajar baca tulis, serta menjelaskan atau menerangkan beberapa materi pelajaran yang belum dimengerti. Untuk pertemuan selanjutnya, siswa diberikan sedikit tugas untuk mengingatkan kembali materi yang sudah dijelaskan. 

Kegiatan ini juga direspon baik oleh anak - anak di Desa Lubuk Muda. “saya senang belajar bersama kakak-kakak di sini" Ujar salah satu murid.


Loading...
BERITA LAINNYA