Mahasiswa KKN UNRI Bersama Karang Taruna Meriahkan HUT RI di Desa Kusau Makmur

Jumat, 19 Agustus 2022 - 10:50:09 wib | Dibaca: 683 kali 
Mahasiswa KKN UNRI Bersama Karang Taruna Meriahkan HUT RI di Desa Kusau Makmur

GAGASANRIAU.COM, TAPUNG HULU - Sebagai bulan Kemerdekaan RI, Agustus menjadi bulan yang selalu dinanti untuk dirayakan oleh masyarakat Indonesia, termasuk masyarakat Desa Kusau Makmur  Kecamatan Tapung Hulu. Setelah vakum selama pandemi covid berlangsung, tahun ini kegiatan Agustusan akan kembali digelar. 

Pelaksanaan peringatan Hari Kemerdekaan akan diisi dengan berbagai lomba untuk memeriahkan dan menumbuhkan jiwa nasionalisme masyarakat. Kegiatan lomba ini dimulai dari tanggal 17 Agustus 2022, yang dimana Kegiatan awal dimulai dari Upacara Hari kemerdekaan yang dibawakan oleh Siswa Siswi SMA N 2 Tapung Hulu di Lapangan SMP N 6 Tapung Hulu.

Tahun ini Karang Taruna Desa Kusau Makmur dibantu oleh Mahasiswa KKN Universitas Riau untuk bersama sama berpartisipasi dalam acara perlombaan di Desa Kusau Makmur Hal ini bertujuan untuk menyumbangkan tenaga dan pikiran dalam memeriahkan kegiatan lomba, serta untuk menambah  kedekatan mahasiswa dengan Karang Taruna ,Serta kedekatan Mahasiswa dengan masyarakat. 

Sesudah selesai Upacara ,Kegiatan yang selanjutnya dilaksanakan ialah perlombaan umum untuk Siswa siswi yang hadir dalam kegiatan upacara . Adapun kegiatan yang dilombakan ialah Lomba Makan kerupuk ,Lomba Balab Karung ,Lomba Joget Balon , Lomba sendok kelereng . Sesudah kegiatan lomba umum dilaksanakan para peserta diberikan hadiah ,tidak hanya yang menang saja diberikan hadiah tetapi peserta lomba yang kalah juga diberikan hadiah berupa Buku Tulis.

Kegiatan selanjutnya adalah perlombaan untuk masyarakat umum desa Kusau Makmur yang dilaksanakan setelah istirahat shalat zuhur. Adapun lomba yang diadakan ialah lomba makan kerupuk, lomba sendok kelereng, dan pacu karung yang diperuntukkan bagi anak-anak. Selanjutnya yaitu perlombaan joget balon yang diperuntukkan bagi perempuan dewasa ataupun ibu- ibu, kemudian dilanjut dengan perlombaan Tarik tambang antar dusun dimana perlombaan ini dibagi menjadi dua sesi dimana sesi pertama yaitu untuk pria dewasa dan sesi kedua yaitu untuk wanita dewasa. Selanjutnya acara diistirahatkan Karena sudah memasuki waktu shalat Ashar.

Setelah selesai shalat Ashar, acara dilanjutkan dengan perlombaan yang wajib ada setiap perayaan hari Kemerdekaan Indonesia, yaitu panjat pinang. Dimana pada perlombaan ini diikuti oleh beberapa tim perwakilan dari setiap dusun yang ada di desa Kusau Makmur. Selanjutnya yaitu perlombaan pukul bantal yang merupakan perlombaan terakhir pada perayaan hari kemerdekaan. 

Perlombaan demi perlombaan telah selesai dilaksanakan, acara berlangsung dengan sangat meriah dan masyarakat sekitar juga sangat berantusias.

Pada malam harinya, diadakan acara hiburan sekaligus temu ramah antara kelompok kukerta dengan anggota karang taruna desa Kusau Makmur. Dimana pada malam itu dihadiri oleh Galih selaku  ketua karang Taruna. Pada saat itu juga tim kukerta mendapat ucapan terima kasih dari ketua karang Taruna. “Terima kasih saya ucapkan kepada tim Kukerta, Karena telah berantusias pada acara perayaan kemerdekaan di desa Kusau Makmur ini”.

Tim kukerta juga mengucapkan terima kasih kepada karang taruna, dimana pada penyampainnya diwakilkan oleh Rahmat Kurniawan selaku ketua Kukerta.


Loading...
BERITA LAINNYA