Mahasiswa KKN UMRI Gelar Penyuluhan Napza dan HIV/AIDS di SMPN 02 Pangkalan Kuras

Sabtu, 24 September 2022 - 18:01:45 wib | Dibaca: 2663 kali 
Mahasiswa KKN UMRI Gelar Penyuluhan Napza dan HIV/AIDS di SMPN 02 Pangkalan Kuras
Foto Mahasiswa KKN UMRI usai menggelar penyuluhan bahaya Napza dan HIV/AIDS

GAGASANRIAU.COM, PELALAWAN - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Riau kelompok 55 angkatan XII melakukan penyuluhan mengenai Napza (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif) dan HIV/AIDS.

Penyuluhan digelar di SMPN 02 Pangkalan Kuras Desa Sialang Indah Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau,(14/09/22), bertujuan sebagai pengetahuan bagi para siswa-siswi tentang jenis-jenis napza dan bahaya napza bagi penggunanya. 

"Penyuluhan ini menambah kesadaran siswa akan bahaya penyalahgunaan narkotika sehingga terbentuk perilaku pencegahan terhadap penggunaan narkotika," kata Mahasiswa KKN, Yuliandri Sri Rezki.

Selain itu, paparnya, juga diadakan penyuluhan mengenai HIV/AIDS yang bertujuan mengetahui apa itu sebenarnya HIV/AIDS, gejala-gejala HIV/AIDS, cara penularan, dan  cara pencegahan.

Yuliandri Sri Rezki mengungkapkan bahwa kegiatan penyuluhan mengenai Napza dan HIV/AIDS sangat bermanfaat dalam menambah wawasan siswa dan membentuk perilaku pencegahan secara dini pada siswa tersebut 

Penyuluhan ini merupakan bentuk tanggung jawab dan kontribusi Prodi Farmasi Universitas Muhammadiyah Riau. 35 siswa/siswi yang menghadiri penyuluhan terlihat antusias untuk berdiskusi dan menyimak materi karena cara penyampaian yang lugas dari para mahasiswa disertai slide yang menarik. 

"Materi yang disampaikan antara lain serta dampak negatif melakukan HIV/ Aids ditinjau dari segi agama, sosial dan kesehatan misalnya terjangkit penyakit menular seksual," terangnya.

Kepala Sekolah SMPN 02 Pangkalan Kuras mengatakan bahwa pihaknya menyambut positif adanya kegiatan penyuluhan ini karena penyampaian materi narkoba dan HIV/ Aids belum pernah disampaikan saat pembelajaran.

Kegiatan mahasiswa berasal dari fakultas MIPA dan Kesehatan, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu komunikasi, Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, Fakultas Studi Islam, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Komputer dan Fakultas Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau ini berlangsung selama 1 bulan dimulai dari 29 Agustus hingga 01 Oktober 2022.


Loading...
BERITA LAINNYA