Mahasiswa KKN UMRI Wujudkan 'Rumah Tahfiz' Upaya Peningkatan Pendidikan di Desa Ringin

Kamis, 31 Agustus 2023 - 14:09:47 wib | Dibaca: 2916 kali 
Mahasiswa KKN UMRI Wujudkan 'Rumah Tahfiz' Upaya Peningkatan Pendidikan di Desa Ringin

GAGASANRIAU.COM, RINGIN, 30 Agustus 2023 - Semangat kontribusi sosial kembali terwujud dalam aksi nyata mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI). Dalam proyek terbaru yang bertajuk "Rumah Tahfiz ", para mahasiswa berkolaborasi dengan masyarakat Desa Ringin, Indragiri Hulu, untuk membangun pusat pendidikan tahfiz Al-Quran yang bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan serta spiritualitas di wilayah tersebut.

Peluncuran proyek yang berlangsung pada tanggal 30 Agustus 2023 ini menjadi tonggak bersejarah bagi kawasan tersebut. Mahasiswa KKN UMRI dengan tekad yang kuat membangun "Rumah Tahfiz dengan semangat penuh. Desa Ringin yang terpencil dan kaya akan potensi lokal dipilih sebagai lokasi ideal untuk menggelar inisiatif ini. Dengan fokus pada lima pertanyaan mendasar jurnalistik, proyek ini mampu menjawab siapa yang terlibat, apa yang diwujudkan, kapan dan di mana tempat pelaksanaannya, serta mengapa proyek ini menjadi hal yang sangat dibutuhkan.

Proyek ini melibatkan kolaborasi erat antara mahasiswa KKN UMRI dan masyarakat setempat. Dalam upaya memfasilitasi pendidikan tahfiz Al-Quran bagi anak-anak, "Rumah Tahfiz " diharapkan akan menjadi pusat pembelajaran yang mendorong akses mudah bagi para generasi muda untuk mempelajari serta menghafal ayat suci Al-Quran. Langkah konkret ini tidak hanya menjawab kebutuhan pendidikan agama, tetapi juga memberikan nilai positif dalam mengembangkan karakter dan moralitas anak-anak Desa Ringin.

Tahfiz ini memiliki fokus utama pada penghafalan Al-Quran, pemahaman kitab suci, dan pelajaran ilmu agama yang mendalam. Mereka berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang mendukung dan mendorong anak-anak dan remaja Desa Ringin untuk menghafal Al-Quran dan memahami nilai-nilai Islam secara lebih mendalam.

Adapun tujuan utama dari didirikannya rumah tahfidz ini

1. Mendorong Pengembangan Karakter

Selain aspek akademis, para mahasiswa KKN ini juga menempatkan pentingnya pengembangan karakter dan akhlak mulia pada prioritas mereka. Mereka mengajarkan nilai-nilai seperti kejujuran, rasa tanggung jawab, dan kasih sayang kepada para santri. Ini bertujuan untuk melatih generasi muda agar bukan hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga berakhlak luhur.

2. Menginspirasi Generasi Muda Lainnya

Inisiatif yang dijalankan oleh mahasiswa KKN UMRI di Desa Ringin, Indragiri Hulu, bukan hanya sebuah proyek pendidikan, tetapi juga cerminan dari semangat, dedikasi, dan komitmen untuk membantu masyarakat. Mereka telah menciptakan peluang pendidikan agama yang berkualitas di daerah yang terpencil, dan dengan itu, memberikan inspirasi bagi generasi muda lainnya untuk berkontribusi dalam membangun masa depan yang lebih baik. Rumah Tahfiz ini adalah bukti nyata akan kekuatan pemuda dalam membawa perubahan positif dalam masyarakat.

3. Membuka Peluang Pendidikan Agama yang Berkualitas

Diharapkan, dengan adanya "Rumah Tahfiz", pendidikan agama di Desa Ringin akan lebih mudah diakses dan memberikan dampak positif dalam membangun generasi muda yang berkarakter kuat. Proyek ini menjadi contoh nyata bagaimana mahasiswa dapat menjadi agen perubahan yang signifikan dalam memajukan pendidikan dan spiritualitas di masyarakat.

Proyek Rumah Tahfiz yang dikelola oleh anak KKN UMRI di Desa Ringin, Indragiri Hulu, adalah contoh yang inspiratif tentang bagaimana pemuda berdedikasi dapat membawa perubahan positif dalam komunitas mereka. Ini adalah langkah besar dalam menjaga dan mengembangkan pendidikan agama yang kuat di wilayah ini, dan memberikan inspirasi bagi generasi muda lainnya untuk berkontribusi dalam membangun masyarakat yang lebih baik.


Loading...
BERITA LAINNYA