Mahasiswa UMRI Berikan Sosialisasi Tanggap Bencana Banjir di SD Negeri 148 Pekanbaru

Sabtu, 25 November 2023 - 14:20:21 wib | Dibaca: 4515 kali 
Mahasiswa UMRI Berikan Sosialisasi Tanggap Bencana Banjir di SD Negeri 148 Pekanbaru
Sosialisasi tanggap bencana banjir di SD Negeri 148 Pekanbaru Jalan Fajar, Labuh Baru Baru, Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Riau pada Jum'at (17/11/2023).

GAGASANRIAU.COM,PEKANBARU - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) melakukan sosialisasi tanggap bencana banjir kepada peserta didik SD Negeri 148 Pekanbaru Jalan Fajar, Labuh Baru Baru, Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Riau pada Jum'at (17/11/2023).

Tujuh Mahasiswa Program Studi (Prodi) Farmasi Fakultas MIPA dan kesehatan Umri ini mendapat sambutan dan antusias dari para peserta didik. Kegiatan ini dilakukan sebab masih banyak pelajar yang masih minim pengetahuan tentang tindakan-tindakan dan penyakit yang datang ketika banjir tiba.

Mata kuliah berbasis project tanggap bencana ini dengan mengadopsi design thinking di ampu oleh dosen Ilham Hudi S.Pd.,M.Pd.

"Kegiatan ini kita lakukan supaya mahasiswa dapat memberi 
pemahaman kepada siswa/i, mahasiswa tidak hanya sebatas menguasai konsep teoritis namun juga menghasilkan laporan proyek dalam memecahkan masalah sepertu banjir, karhutla dan bencana lainnya," ujar Ilham Hudi.

Selain itu ia berharap proyek MKWK ini dapat terus berlanjut dengan mendatangkan pemateri tarjih Muhammadiyah yang nantinya dapat memberikan ilmu baru kepada mahasiswa dan siswa/i.

"Adik-adik mahasiswa ini perlu kita bimbing dalam kegiatan proyek seperti ini agar mereka memiliki pengalaman yang luas dengan aktif dan inovatif dalam proses pembelajaran berbasis proyek tanggap bencana selain meningkatkan kompetensi akhirnya mahasiswa juga memberikan bukti nyata kepada bangsa," pungkasnya.

Oleh karena terdapat beberapa daerah yang mengalami bencana banjir dan kurangnya pengetahuan siswa/i dalam menghadapi banjir maka mahasiswa Umri memilih Jalan Fajar, labuh baru barat, payung sekaki, tepatnya di SDN 148 Pekanbaru sebagai tempat untuk melakukan kegiatan sosialisai tanggap bencana banjir.

“Kami sangat bersyukur atas diadakannya kegiatan sosialisasi ini, karena dengan adanya kegiatan ini kami para siswa siswi di SD ini yang sebelumnya masih kurang dalam pemahaman terhadap penanggulangan banjir dan dampak penyakit yang di akibatkan dari banjir selama ini menjadi mendapatkan ilmu baru dari kakak-kakak mahasiswa Muhammadiyah tentang cara penanggulangan banjir dan obat-obatan apa saja yang dapat menyembuhkan penyakit tersebut," ucap Adinda salah seorang siswi SDN 148 Pekanbaru.

Kehadiran mahasiswa Umri juga disambut hangat dan antusias siswa/i, hal itu juga membuat para mahasiswa tersebut merasa sangat tersanjung dan bersyukur sebab kegiatan sosialisasi ini berjalan dengan lancar, serta bermanfaat bagi siswa/i SDN 148 Pekanbaru.


Loading...
BERITA LAINNYA