Mahasiswa Prodi Farmasi UMRI Lakukan Sosialisasi Tanggap Banjir di Jalan Gulama Marpoyan Damai

Sabtu, 25 November 2023 - 14:22:14 wib | Dibaca: 951 kali 
Mahasiswa Prodi Farmasi UMRI Lakukan Sosialisasi Tanggap Banjir di Jalan Gulama Marpoyan Damai
Mahasiswa saat sosialisasi tanggap bencana banjir di KelurahanTengkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru, Riau pada Jum'at (17/11/2023).

GAGASANRIAU.COM,PEKANBARU - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) melakukan sosialisasi tanggap bencana banjir bersama masyarakat Jalan Gulama, KelurahanTengkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru, Riau pada Jum'at (17/11/2023).

Tujuh Mahasiswa Program Studi (Prodi) Farmasi Fakultas MIPA dan kesehatan Umri ini melakukan kegiatan berupa sosialisasi tanggap bencana banjir yang disambut baik okeh masyarakat setempat.

Kegiatan ini bertujuan guna memberikan pengetahuan serta edukasi tentang tindakan-tindakan dan penyakit yang datang ketika banjir tiba.

Mata kuliah berbasis project tanggap bencana ini dengan mengadopsi design thinking di ampu oleh dosen Ilham Hudi S.Pd.,M.Pd. "Kegiatan ini kita lakukan supaya mahasiswa dapat memberi 
pemahaman kepada masyarakat, mahasiswa tidak hanya sebatas menguasai konsep teoritis namun juga menghasilkan laporan proyek dalam memecahkan masalah sepertu banjir, karhutla dan bencana lainnya," ujar Ilham Hudi.

Selain itu ia berharap proyek MKWK ini dapat terus berlanjut dengan mendatangkan pemateri tarjih Muhammadiyah yang nantinya dapat memberikan ilmu baru kepada mahasiswa dan masyarakat.

"Adik-adik mahasiswa ini perlu kita bimbing dalam kegiatan proyek seperti ini agar mereka memiliki pengalaman yang luas dengan aktif dan inovatif dalam proses pembelajaran berbasis proyek tanggap bencana selain meningkatkan kompetensi akhirnya mahasiswa juga memberikan bukti nyata kepada bangsa," pungkasnya.

Oleh karena itu terdapat beberapa daerah yang mengalami bencana banjir dan kurangnya pengetahuan pada masyarakat dalam menghadapi banjir maka mahasiswa Umri memilih Jalan Gulama, Kel. Tengkerang Barat, Marpoyan damai, sebagai tempat untuk melakukan kegiatan sosialisai tanggap bencana banjir.

“Kami sangat bersyukur atas diadakannya kegiatan sosialisasi ini, karena dengan adanya kegiatan ini kami para masyarakat di sini yang sebelumnya masih kurang dalam pemahaman terhadap penanggulangan banjir dan dampak penyakit yang di akibatkan dari banjir selama ini menjadi mendapatkan ilmu baru dari mahasiswa Muhammadiyah tentang cara penanggulangan banjir dan obat-obatan apa saja yang dapat menyembuhkan penyakit tersebut," ucap salah satu warga Marpoyan damai.

Kehadiran mahasiswa Umri juga disambut hangat dan antusias masyarakat, hal itu juga membuat para mahasiswa tersebut merasa sangat tersanjung dan bersyukur sebab kegiatan sosialisasi ini berjalan dengan lancar, serta bermanfaat bagi masyarakat jalan gulama, Marpoyan Damai.


Loading...
BERITA LAINNYA