Peduli Kanker, Mahasiswa KKN UMRI Tanam Buah Sirsak di Sialang Sakti

Ahad, 26 September 2021 - 17:55:30 wib | Dibaca: 1135 kali 
Peduli Kanker, Mahasiswa KKN UMRI Tanam Buah Sirsak di Sialang Sakti
Mahasiswa KKN saat melakukan penanaman pohon sirsak di Kelurahan Sialang Sakti, Jalan Jawa. (Dok. Ain/Gagasan)

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Mahasiswa universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) tengah mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN), kegiatan yang dilakukan saat ini yaitu melakukan penanaman pohon sirsak di kecamatan Tenayan Raya, kelurahan Sialang Sakti, Jalan Jawa.

"Kegiatan ini adalah bentuk perkuliahan dan kerja lapangan yang merupakan pengintegrasian dari pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa secara pragmatis, berdimensi luas melalui pendekatan interdisipliner, komprehensif, dan lintas sektoral," Kata Muhammad Hairul Nizam.

KKN adalah mata kuliah yang wajib diikuti sebagai salah satu syarat kelulusan.
Peserta mengikuti KKN PPM Tematik ini terdiri dari berbagai bidang keilmuan yang terdiri dari 8 fakultas dan harapannya KKN dari Desa Untuk Negeri ini mampu membangun, mengembangkan, serta memanfaatkan potensi sumber daya masyarakat walaupun di era pandemi ini dan memberikan pengaruh yang positif bagi warga sekitar. 

Mahasiswa KKN kelompok 9 Universitas Muhammadiyah Riau juga mengusung program yang bertujuan membangun dan meningkatkan integritas pada bidang lingkungan dengan tema "Desa Lingkungan Tangguh"

Mahasiswa KKN kelompok 9 melakukan pembagian dan penanaman bibit sirsak di  RW 04 Kelurahan Sialang Sakti pada Rabu (22/9/2021). Di daerah ini masih sangat  terbatas tanaman buah, penanaman juga dilakukan di pekarangan serta di lahan warga yang  nantinya akan diurus oleh ibu-ibu PKK. 

Hal ini dilakukan atas persetujuan dari Rw 04 Kelurahan Sialang Sakti yaitu Bapak Bukatman yang memiliki tanggung  jawab untuk mengarahkan para mahasiswa mahasiswi KKN kelompok 9 untuk berinteraksi dengan warga setempat.  

"Alasan Mahasiswa/i mengajukan proker penanaman sirsak dikarenakan selain buahnya yang enak, daun sirsak juga  memiliki banyak manfaatnya terutama  untuk  kesehatan tubuh. Buah sirsak juga menawarkan berbagai kandungan yang baik  bagi  kesehatan. Buah  sirsak  banyak mengandung vitamin C," jelas Bukatman.

Hasil Test dari ekstrak (sari) buah sirsak adalah secara effektif memilih target dan membunuh sel jahat dari 12 type kanker yang berbeda. Beberapa peneliti di Health Sciences Institute mengakui jika buah sirsak memberikan efek anti tumor/kanker yang sangat kuat, dan terbukti secara medis menyembuhkan segala jenis kanker.
 
Selain menyembuhkan kanker, buah sirsak juga berfungsi sebagai antibakteri, antijamur (fungi), efektif melawan berbagai jenis parasit/cacing, menurunkan tekanan darah tinggi, depresi, stres, dan menormalkan kembali sistem syaraf yang kurang baik.

Melakukan penanaman bibit sirsak bertujuan untuk kesehatan dan bisa juga di olah berbagai macam olahan makanan agar perekonomian di kelurahan Jawa di harapkan bisa lebih membaik dari sebelumnya.


Loading...
BERITA LAINNYA