Magang MBKM di Kantor Jasa Akuntan Candra Irawan SE, MM, Ak, CA, BKP, Asean CPA

Senin, 27 Februari 2023 - 15:44:16 wib | Dibaca: 647 kali 
Magang MBKM di Kantor Jasa Akuntan Candra Irawan SE, MM, Ak, CA, BKP, Asean CPA
Foto bersama di Kantor Jasa Akuntan Candra Irawan SE,MM,Ak,CA,BKP,Asean CPA

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan program yang dirancang oleh Mentri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja.

Salah satu program dari MBKM ini adalah magang MBKM yang merupakan kegiatan dengan tujuan menambah pengalaman dan pengetahuan bagi mahasiswa terkait kegiatan didunia kerja yang pada dasarnya praktek itu bisa jadi sangat berbeda dengan teori-teori yang selama ini diperoleh dibangku kuliah.

Program Magang MBKM ini berlangsung selama 1 semester dengan harapan mahasiswa mendapatkan soft skill dan hard skill sesuai tempat magang.

Penulis selaku Mahasiswa Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau Bernama Mohd Erdiansyah Putra melaksanakan Program Magang MBKM yang bermitra dengan Kantor Jasa Akuntan Candra Irawan SE, MM, Ak, CA, BKP, Asean CPA dan dibimbing oleh Ibu Rama Gita Suci,SE.,M.Ak yang dimulai dari tanggal 14 Oktober 2022 hingga awal februari 2023 dan penulis ditempatkan pada posisi akuntan dan pajak.

Kantor Jasa Akuntan Candra Irawan SE,MM,Ak,CA,BKP,Asean CPA merupakan sebuah kantor Jasa yang bergerak pada bidang jasa Akuntansi dan Perpajakan dan sudah mendapatkan izin dengan nomor izin :KMK RI NO.50/KM.1PPPK/2017. 

Kantor ini menyediakan jasa akuntansi berupa jasa pembukuan,jasa kompilasi laporan keuangan,jasa prosedur yang disepakati atas informasi keuangan,jasa sistem pendampingan/supervisi laporan keuangan, jasa manajemen,akuntansi manajemen,konsultasi manajemen, jasa sistem teknologi informasi dan juga jasa Perpajakan berupa pelaporan SPT Tahunan dan Masa.

Pada awal magang penulis melakukan pengenalan terhadap kantor, karyawan kantor dan juga kegiatan serta jobdesk yang akan penulis kerjakan. Penulis juga ikut serta dalam membantu serta menyelesaikan tugas-tugas di kantor jasa ini dan diberikan beberapa job description, diantaranya :

1.penulis membantu mengerjakan penyusunan laporan keuangan klien yang dibimbing oleh bapak Candra Irawan dan staff sehingga penulis tau bagaimana penyusunan laporan keuangan yang tepat dan benar,

2.Menyusun Harga Pokok Produksi (HPP) klien pada bidang konstruksi yang membuat penulis tau dan faham bagaimana Menyusun HPP yang baik,sesuai dan mudah difahami.

3.Pemeriksaan Pelaporan SPT Masa PPh 21 perusahaan klien.

4.Pendampingan Laporan Keuangan Clien 

5.Membantu Menyusun laporan keuangan dengan Menggunakan Tax Planing

Selain kegiatan diatas, selama beberapa bulan magang di kantor jasa akuntan,penulis JUGA banyak sekali mendapatkan ilmu serta pengalaman lain. diantaranya, penulis juga ikut keluar kota dalam rangka kunjungan klien dan memberikan konsultasi terhadap pembukuan laporan keuangan dan pelaporan perpajakan, yang membuat penulis tau dan faham bagaimana jasa konsultan bekerja serta memberikan konsultasi dan solusi dari permasalahan yang terjadi. 

Penulis juga dipercaya oleh bapak Candra Irawan untuk menjadi bagian dari marketing perusahaan dan bersifat online dan diberikan kebebasan dalam berkreasi untuk mempromosikan Kantor Jasa Akuntan dengan konten yang bersifat edukasi dalam dunia akuntansi, perpajakan dan informasi tentang Kantor Jasa Akuntan.

Sebagai media edukasi dan promosi,penulis membuat konten dan akan di share pada sosial media seperti Instagram,Tiktok, dan Facebook. Penulis juga bersyukur karna dengan di percayai menjadi bagian dari marketing, sehingga penulis dapat mengembangkan hard skill penulis.

Tidak hanya Pekerjaan saja, penulis juga senang dapat kesempatan mengikuti kegiatan Family Gathering Bersama Staff kantor Jasa Akuntan Candra Irawan SE,MM,Ak,CA,BKP,Asean CPA Banyak sekali ilmu yang diperoleh saat magang, Kualitas mahasiswa tidak hanya ditentukan oleh kemampuan ilmu teori, tetapi juga pengalaman dalam mengamalkan ilmunya dalam dunia nyata.

 Dengan semakin meningkatnya persaingan dalam dunia kerja dan usaha, pengalaman yang diperoleh melalui kerja magang menjadi semakin penting. Kerja magang membantu mahasiswa untuk mengasah ilmu yang dimiliki secara kritis serta mendapatkan pengalaman secara langsung, sehingga meningkatkan kualitas dan kompetensi lulusan secara nyata.

 

Penulis: Mohd Erdiansyah Putra (Mahasiswa Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau)


Loading...
BERITA LAINNYA