Puluhan Siswa SD Hingga SMA Sederajat Ikuti Lomba Baca Puisi Meriahkan HPN Riau

Senin, 22 Mei 2023 - 14:23:45 wib | Dibaca: 442 kali 
Puluhan Siswa SD Hingga SMA Sederajat Ikuti Lomba Baca Puisi Meriahkan HPN Riau
Lomba baca puisi di lapangan gajah mada Tembilahan

GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Puluhan siswa mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mengikuti lomba baca puisi yang ditaja oleh Dinas Pendidikan (Disdik).

Kegiatan yang dipusatkan di aula Kantor Disdik Inhil dan Lapangan Gajah Mada Tembilahan ini dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 tingkat Provinsi Riau di Negeri Seribu Parit Hamparan Kelapa Dunia.

Ketua Panitia Pelaksana melalui Sekretaris, H Fauzan Amrullah SE MSi mengatakan, setiap sekolah yang ikut berpartisipasi dalam lomba tersebut mengirimkan 2 utusan, terdiri dari siswa putra dan putri, dengan membacakan satu puisi wajib dan satu puisi pilihan untuk masing-masing peserta.

"Untuk SMA sederajat, puisi pilihan yang dibaca, dibuat atau dicipta oleh peserta lomba dengan tema Perkelapaan. Puisinya belum pernah dipublikasikan di media manapun dan bukan hasil karya orang lain," ujarnya.

Sedangkan untuk kriteria perlombaan, dijelaskan Fauzan, yaitu interpretasi (penafsiran) atau pemahaman isi puisi, vokal atau kejelasan arti kulasi, penguasaan tempo dan dinamika membaca. Kemudian, penghayatan atau ketepatan emosi, daya konsentrasi dan ekspresi, serta penampilan atau totalitas dan keutuhan penampilan.

"Dewan jurinya adalah Bapak Hafney Maulana MM, Ibu Marliah SS MPd dan Bapak Iwan Kesuma Wijaya SPd," terangnya.

Hasil perlombaan tersebut, lanjut Fauzan, akan diumumkan saat puncak peringatan HPN Riau di Inhil, tepartnya pada Sabtu 27 Mei 2023 malam di Lapangan Gajah Mada Tembilahan.

"Pemenang I, II dan III untuk setiap kategori akan mendapatkan hadiah berupa piala, piagam penghargaan dan uang pembinaan," imbuhnya.


Loading...
BERITA LAINNYA