Ini Dia Tata Tertib Ikuti SBMPTN 2016, Baca Dulu Biar tak Menyesal

Ahad, 29 Mei 2016 - 15:27:16 wib | Dibaca: 3700 kali 
Ini Dia Tata Tertib Ikuti SBMPTN 2016, Baca Dulu Biar tak Menyesal
Ilustrasi

BEBERAPA hari lagi alumni SMA dan sederajat akan menghadapi ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016. Agar ujianmu berjalan lancar, sebaiknya pelajari sejumlah tata tertib dan sanksi yang akan berlaku.

Sebelum mulai ujian SBMPTN 2016

Pastikan kamu beberapa dokumen serta peralatan yang dibutuhkan. Peserta diwajibkan untuk membawa kartu tanda peserta ujian, fotokopi ijazah yang dilegalisasi, bagi siswa lulusan 2016 diharuskan membawa Surat Keterangan Lulus (SKL) dari kepala sekolah dengan foto berwarna terbaru yang telah dibubuhi oleh cap sekolah.

Peserta SBMPTN 2016 yang menggunakan ujian berbasis kertas wajib membawa pensil hitam 2B, rautan pensil, karet penghapus, dan ballpoint hitam. Ingat, ya, peserta dilarang untuk meminjam perlengkapan tersebut sepanjang ujian. Peserta juga wajib datang 30 menit sebelum ujian dimulai serta dilarang memasuki ruangan jika belum diperbolehkan.

Saat diruagan, duduklah di tempat yang sudah ditandai dengan nomor peserta. Letakkan kartu tanda peserta ujian SBMPTN 2016 di atas meja. Peserta dilarang membawa catatan apa pun. Jika kehilangan kartu peserta, segeralah melapor kepada pengawas ujian.

Saat berlangsungnya ujian SBMPTN 2016

Peserta SBMPTN 2016 dilarang membuka soal ujian jika belum ada perintah dari pengawas. Ujian bisa dimulai saat ada tanda untuk mengerjakan. Pertama, periksalah Naskah Soal Ujian (NSU) yang diberikan pengawas. Jika ada kesalahan, catat pada NSU yang kamu miliki, lalu segera melapor pada pengawas.

Lembar jawaban ujian SBMPTN 2016 diisi dengan menggunakan pensil 2B. Selama ujian berlangsung, peserta dilarang untuk meninggalkan ruang ujian kecuali seizin pengawas.

Peserta SBMPTN 2016 yang sudah selesai mengerjakan soal namun tanda waktu belum habis, diharuskan untuk tetap duduk. Selama ujian, peserta juga dilarang untuk meminjam beragam alat tulis dan melakukan kecurangan apa pun.


Saat ujian SBMPTN 2016 selesai

Peserta diharuskan kembali untuk memeriksa identitas mereka, dari nama, nomor peserta, sampai tanggal lahir pada Lembar Jawaban Ujian (LJU). Peserta tidak diperkenankan untuk mengerjakan soal lagi jika bel tanda waktu sudah berbunyi. Peserta baru bisa meninggalkan tempat setelah adanya tanda dari pengawas

Sanksi

Jika terjadi pelanggaran terhadap pelaksanaan ujian tersebut, maka sanksi yang akan diterima oleh peserta yaitu tidak diperbolehkan untuk mengikuti ujian. Sehingga peserta tidak akan diikutsertakan dalam proses seleksi penerimaan mahasiswa baru. ***

 

 

 

 

Editor: Ginta Gudia

Sumber: Okezone
 


Loading...
BERITA LAINNYA