Daerah

Inilah Asal Muasal Pemekaran Insel

Tokoh politik Insel, Eddy Heriyanto Sindarang

GagasanRiau.Com Tembilahan - Cerita pemekaran Inhil Selatan (Insel) marak diperbincangakan sejak beberapa tahun terakhir, akan tetapi pernahkah publik mengetahui siapa sebenarnya yang menggagas ide tersebut.

Edy Heriyanto Sindrang Tokoh politik di Indragiri Hilir yang juga tokoh senior dari selatan mengecam keras bagi mereka yang sok vokal dan merasa berperan vital pada agenda tersebut, padahal isi dari argumen yang mereka lontarkan kosong.

"Jangan banyak bunyi jika tidak mendalami sejarah awalnya pemekaran Insel, ketahui dulu latar belakang dan orang-orang yang memiliki kontribusi pemikiran tentang pemekaran tersebut. Jangan sok tau padahal cerita yang anda dapat hanyalah dongeng belaka," ucapnya, Rabu (2/3/2016).

Anggota DPRD  komisi III ini mengulas sedikit sejarah dan  membeberkan nama-nama yang menurutnya sangat berperan penting dalam menggagas pemekaran Inhil Selatan (Insel).

"Perlu publik ketahui bahwa isu pemekaran itu awalnya datang dari cerita warung-warung kopi di Kuala Enok, sehingga berpindah ke pedagang dan terus tersebar luas keseluruh masyarakat. Sehingga digagaslah oleh tokoh-tokoh yang ada disana, tokoh-tokoh tersebut ialah H. Badak dari Kuala Enok, H. Sindrang dari Enok, H. Said Menteng dari Reteh, dan Uteh Amat Keritang," sebutnya.

Politisi Partai Golkar ini menyebutkan, dulu tokoh-tokoh yang disebutkan namanya tersebut sering mengadakan pertemuan di masing-masing kecamatan, tempat mereka berdomisili, seiring waktu  pertemuan terbentuklah namanya Dewan Percepatan Pemekaran Kabupaten yang di ketuai oleh Kamal.

Beliau juga meminta tegas agar pemekaran tersebut dikawal baik-baik dan tidak ada lagi isu pembatalan.

"Jika memang disuruh jemput bola, jemput saja, lebih cepat lebih tepat, agar tidak lagi terhenti," tutupnya. (*)

Reporeter Daud M Nur


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar