Galeri Foto

Bupati Zukri Jadi Irup Peringatan Hari Pahlawan

GAGASANRIAU.COM, PELALAWAN – Kemerdekaan yang kini dirasakan oleh masyarakat Indonesia tentu tidak terlepas dari jasa para pahlawan. Itu sebabnya, sebagai bentuk penghormatan kepada mereka, tanggal 10 November pun ditetapkan sebagai peringatan tahunan Hari Pahlawan.

Setiap tahunnya, akan ada tema besar yang diusung untuk peringatan Hari Pahlawan. Tahun ini, Kementerian Sosial (Kemensos) telah mengumumkan tema sekaligus logo peringatan Hari Pahlawan 2023.

Merujuk Pedoman Identitas Visual Hari Pahlawan 2023 yang dikeluarkan Kemensos tujuan Hari Pahlawan diperingati untuk menghormati kontribusi besar para pahlawan dalam memperjuangkan dan mempertahankan nilai-nilai serta identitas bangsa.

Namun, peringatan 10 November ini bukan sekadar untuk mengenang. Lebih dari itu, Hari Pahlawan diharapkan mampu menginspirasi generasi muda untuk mengadopsi dan mengaplikasikan semangat para pahlawan yang telah gugur dalam kehidupan di masa kini maupun masa depan.

Ini sejalan dengan tema yang diusung pada peringatan Hari Pahlawan tahun ini. Pemerintah telah menetapkan bahwa tema besar Hari Pahlawan 2023 adalah "Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan".

Makna Tema Hari Pahlawan 2023

Ada makna inspiratif di balik tema Hari Pahlawan 2023, "Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan".

Masih dari Pedoman Identitas Visual Hari Pahlawan 2023, tema tersebut berusaha untuk mengajak masyarakat Indonesia untuk merenungkan perjuangan para pahlawan.

Mereka sengaja bercucur keringat, darah, dan air mata tidak semata-mata agar bangsa Indonesia meraih kemerdekaan saja. Lebih dari itu, mereka juga menginginkan agar NKRI semakin maju serta meraih kemerdekaan intelektual dan ekonomi.

Itu sebabnya, tema besar Hari Pahlawan tahun ini memberi bahan renungan bagi seluruh masyarakat Indonesia dalam mewujudkan cita-cita kemerdekaan agar terbebas dari kemiskinan dan kebodohan serta tercapainya bangsa yang adil, cerdas, dan makmur. Tema Hari Pahlawan 2023 adalah "Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan".

Didasarkan dari amanat Menteri Sosial RI,Tri Rismaharini bahwa tema yang diusung untuk memperingati Hari Pahlawan ini diangkat dari renungan bagaimana penjajahan modern kian nyata.

Namun, walau begitu para pahlawan melalui semangatnya mengajarkan kepada kita bukan untuk menjadi bangsa pecundang yang menerima kekalahan dan menyerah pada keadaan.

Melalui amanat Menteri Sosial RI yang dibacakan oleh Bupati Pelalawan H Zukri mengajak kita bersama-sama untuk membangun Indonesia yang maju dan semakin sejahtera dengan semangat pahlawan.

“Bersama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, makin sejahtera. Selamat Hari Pahlawan tahun 2023. Marilah kita panjatkan doa bagi para pahlawan yang telah gugur mendahului kita,” ujar Mensos.

Mantan Wakil Ketua DPRD Riau ini mengajak seluruh satuan kerja di lingkungan Pemkab Pelalawan agar memahami semangat yang berasal dari nilai perjuangan pahlawan bangsa di tahun 1945 untuk menjadi bekal agar semakin mengobarkan jiwa semangat yang membawa kita menolak kalah dan menyerah pada keadaan.

Selain itu, diharapkan pada peringatan ini dapat menyatukan kita dalam upaya mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur, memajukan kesejahteraan umum, serta mencerdaskan kehidupan bangsa demi masa depan yang lebih baik.

"Bersama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju dan makin sejahtera” beber Zukri.

Masih dalam ajakan Zukri, seluruh jajaran ASN di lingkungan Pemkab Pelalawan agar menjadikan peringatan Hari Pahlawan sebagai momentum untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan mempertahankan kemerdekaan.

Di era saat ini, kita bisa mempertahankan kemerdekaan dengan cara belajar secara tekun, meraih prestasi di berbagai bidang yang diminati, serta menolong teman yang sedang kesusahan.

Patut dicontoh semangat perjuangan para Pahlawan Nasional dalam memperjuangkan Kemerdekaan, bermodalkan semangat kebersamaan, bergandengan tangan, bergerak bersama serempak menghadang musuh untuk memenangkan peperangan dengan senjata terbaiknya.

Rakyat bergandeng tangan dengan para tokoh masyarakat, Pemuka agama, santri dan tokoh-tokoh pemuda seantaro Nusantara melebur menjadi satu untuk memperjuangkan Kemerdekaan.

Bupati Pelalawan melanjutkan amanat peringatan Hari Pahlawan perjuangan saat ini adalah perjuangan yang berat menaklukkan ancaman dan tantangan yang nyata.

Perjuangan menghadapi pemanasan global yang memicu terjadinya berbagi macam bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih. Ini merupakan hal yang perlu di perhatikan dengan sungguh-sungguh.

"Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan. "Semuanya itu harus diperjuangkan secara bersama-sama dengan kesungguhan. Mari dengan semangat kebersamaan dan gotong royong berjuang bersama dan maju bersama dengan tekad untuk menang.

Selanjutnya H Zukri menambahkan dalam peringatan hari Pahlawan menjadikan semangat "Pahlawanku Teladanku", dengan "Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan" tahun 2023 dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran elemen bangsa untuk terus saling membantu tanpa memandang perbedaan dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Di akhir sambutan Nahdlatul Ulama Kabupaten Pelalawan ini menyampaikan mari jadikan momentum peringatan hari Pahlawan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain.

Mari bersama untuk mengenang dan menghormati perjuangan para pahlawan, dengan membangun ingatan kolektif bangsa agar dapat di implementaskan semangat dan nilai luhur para pahlawan kepada diri sendiri, keluarga, serta lingkungan bermasyarakat.

Sehingga dapat memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam negara Kesatuan Republik Indonesia, yang merupakan amanat Pahlawan bangsa. Pemkab Pelalawan melaksanakan Peringatan hari Pahlawan di halaman kantor Bupati Pelalawan, Jumat  (10/11/2023).

Bupati Pelalawan, H Zukri sebagai pembina upacara menyampaikan amanat Peringatan Hari Pahlawan dari Kementerian Sosial Tri Rismaharini peringatan hari Pahlawan yang setiap tahun diperingati dengan renungan yang sungguh-sungguh untuk menemukan kembali jejak perjuangan Pahlawan dalam hidup berbangsa dan bernegara.

Bupati Pelalawan H Zukri beserta unsur Forkopimda,TNI Polri serta Ormas dan tokoh masyarakat setelah selesai upacara peringatan hari Pahlawan melanjutkan agenda tabur bunga dimakam Pahlawan, dalam rangka mengenang dan menghormati perjuangan para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan Republik Indonesia. (Adv)