Galeri Foto

Bupati Pelalawan Terima Warga Berlebaran 1445 H, Gelar Open House di Rumah Dinas Idul Fitri 1445 H

GAGASANRIAU.COM, PELALAWAN –  Dalam momen Idul Fitri 1445 H menjadi hari berbahagia untuk saling berbagi kasih. Saling bersilaturahmi satu sama lain. Saling memaafkan antar sesama hamba Allah SWT. Di pusat Kota Pangkalan Kerinci Kabupaten pPlalawan, sehari sebelum 1 Syawal 1445 H atau jelang perayaan hari raya Idul Fitri tahun 2024 ini, tenda besar sudah dipasang di kediaman Rumah Dinas Bupati Pelalawan di Jalan Seminai Pangkalan Kerinci.

Tenda besar dengan berbagai pernak-pernik nuansa Idul Fitri dikhususkan untuk menyambut tamu istimea sengaja diundang dalam kegiatan silaturahmi bertajuk Open House Bupati Pelalawa 1445 H.

Open House merupakan tradisi yang biasa dilakukan saat Lebaran, di mana tuan rumah akan membuka rumahnya dan mengajak orang sekitar untuk berkunjung. Mulai dari keluarga, kerabat, teman, kolega, hingga tetangga diharapkan akan datang berkunjung sembari menjalin tali silaturahmi dengan mengobrol santai dan menikmati hidangan yang telah disiapkan.

Tak seperti biasa, Bupati Pelalawan H Zukri menggelar Open House tidak di hari pertama Idul Fitri, mantan Wakil Ketua DPRD Riau ini beralasan bahwa dirinya memgkhususkan jadwalnya untuk bersilaturahmi bersama keluarga besarnya.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Pelalawan H Zukri dalam sambutannya pada saat Shalat Idul Fitri di Mesjid Besar Al Muttaqin Pangkalan Kerinci, Rabu (10/4/2024). “Hari ini, saya bersilaturahmi di rumah orang tua saya dan keluarga besar lainnya,” kata H Zukri.

Namun untuk hari berikutnya, rumah dinasnya akan di buka lebar untuk menyambut Aparatur Sipil Negara (ASN) dan seluruh masyarakat Kabupaten Pelalawan untuk saling bermaaf maafan.

"Besok hari kedua Idul Fitri, saya mengundang seluruh masyarakat ke kediaman untuk open house. Kita bersilaturahmi dan saling bermaaf-maafan," ungkap Bupati Zukri.

Termasuk tokoh agama, tokoh masyarakat Forkompinda, serta masyarakat juga selalu hadir setiap open house. Tidak hanya sekedar menyantap hidangan yang disediakan, tapi lebih dari itu memperkuat silaturahmi. Pada Idul Fitri hari pertama ini, Bupati Zukri ingin fokus bersilaturahmi bersama dengan keluarga dekat dan sanak familinya.

Ia langsung menuju kediaman orangtuanya di Jalintim Pelalawan untuk sungkem dan berlanjut ke rumah keluarga lainnya. Pada kesempatan tersebut Bupati mengucapkan permohonan maaf dan menyampaikan harapannya agar  perhatian pemerintah juga diimbangi dengan kinerja terbaik, kedisiplinan dan etos kerja dari aparatur sipil negara dalam melayani masyarakat.

Open house yang merupakan bentuk silaturahmi dan halal bi halal ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama setelah apel pagi Bupati berhalal bi halal dengan pimpinan OPD beserta karyawan di  lingkungan Pemkab  Pelalawan. Setelah itu  dilanjutkan sesi kedua, Bupati Pelalawan bersama Wakil Bupati berhalal bi halal bersama jajaran Forkopimda, Pimpinan BUMD, swasta maupun masyarakat.

Di hari kedua Idul Fitri, 2 Syawal 1445 H. Pukul 09.00 WIB pagi. Orang nomor satu di Kabupaten Pelalawan di dampingi Ketua TP PKK Kabupaten Pelalawan Sella Pitaloka menerima tamu dan semua golongan masyarakat Kabupaten Pelalawan.

Antusias tetamu nampak bersahaja mendatangi orang yang snagat mereka hormati. Pemimpin negeri seiya sekata. Dalam suasana yang hangat ini, H Zukri mengucapkan terima kasih kepada tamu yang hadir, yang telah menyempatkan wktu untuk bersilaturahmi ke kediaman dinasnya.

“Terima kasih sudah datang, silahkan menyantap hidangan”, katanya kepada tamu undangan. Selain itu, orang nomor satu di Pelalawan ini juga mengajak para tamu yang hadir untuk berfoto bersama.

Adapun tamu yang hadir dalam acara open house yakni unsur Forkopimda, para Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Pelalawanr, para Kepala Bagian di Lingkungan Sekretariat Kabupaten Pelalawan, serta tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat di Kabupaten Pelalawan.

Suasana Open House terlihat penuh keakraban, sambil menikmati hidangan yang ada di meja. Acara ini diadakan untuk mempererat hubungan silaturahmi antara pemerintah daerah dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, serta seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Pelalawan, khususnya di Kecamatan Pangkalan Kerinci.

"Open house ini merupakan wujud dari komitmen pemerintah daerah untuk meningkatkan silaturahmi antar Forkopimda, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan masyarakat Pelalawan," kata Bupati H Zukri. "Selamat Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, Minal Aidin walfaizin mohon maaf lahir dan batin," ucap Bupati.