Terdakwa Karhutla di Riau, JPU Tuntut PT Triomas FDI Rp.1 M, Dan Perbaikan Kerusakan Lahan


Dibaca: 629 kali 
Rabu,29 Agustus 2018 - 01:18:22 WIB
Terdakwa Karhutla di Riau, JPU Tuntut PT Triomas FDI Rp.1 M, Dan Perbaikan Kerusakan Lahan Terdakwa Supendi berbaju batik usai menjalani sidang (photo senarai.or.id)
GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Terdakwa Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) perusahaan perkebunan sawit di Provinsi Riau, PT Triomas  Forestry Development Indonesia dituntut bayar denda Rp. 1.000.000.000 dan pidana tambahan untuk pemulihan lahan Rp. 18.825.000.000. 
 
Terdakwa dalam hal ini diwakili oleh Supendi sebagai Direktur didampingi penasihat hukum John dan Junaidi,  dituntut dengan Pasal 99 ayat (1) jo pasal 116 ayat (1) huruf a UU No 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.
 
“Menuntut PT Triomas bayar denda Rp. 1.000.000.000 dan pidana tambahan untuk pemulihan lahan Rp. 18.825.000.000,” kata Slamet JPU. “Semua unsur dalam pasal ini telah terbukti,” kata Tiyan Andesta juga JPU secara bergantian membaca tuntutan.
 
Mengutip laman pemerhati lingkungan, senarai.or.id bahwa sidang ini dilakukan di Pengadilan Negeri (PN) Siak, pada Kamis 16 Agustus 2018.
 
Dimana saat itu, Ketua Majelis Hakim Lia Yuwannita bersama anggotanya Risca Fajarwati dan Dewi Hesti Indria, membuka sidang perkara pidana kebakaran hutan dan lahan terdakwa PT Triomas Forestry Development Indonesia.
 
Sidang ini sebelumnya Sudah 3 kali berturut-turut ditunda lebih dari 1 bulan. Namun akhirnya Jaksa Penuntut Umum menyelesaikan berkas tuntutannya. 
 
PT Triomas Forestry Development Indonesia dinilai sebagai subyek hukum yang tepat mempertanggungjawabkan peristiwa kebakaran di lahannya. Perusahaan ini dinyatakan lalai karena tidak menyediakan sarana prasarana pencegahan kebakaran hutan dan lahan. Tidak menjaga dan mengatur ketersediaan air dalam kanal. Akibatnya lahan dan gambut jadi rusak.
 
Atas tuntutan tersebut, Kuasa Hukum PT Triomas FDI diberi waktu majelis hakim menyampaikan pembelaan, Senin 27 Agustus 2018.
 
Editor Arif Wahyudi
sumber senarai.or.id

Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,19 Februari 2019 - 21:28:57 WIB

    Pasca di PHK, 11 Mantan Karyawan Gugat RTv 1,1 Miliar Digugat Balik

    Pasca di PHK, 11 Mantan Karyawan Gugat RTv 1,1 Miliar Digugat Balik GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Sudahlah di PHK tanpa pesangon, 11 orang mantan karyawan PT Riau Media Televisi (RTv) saat ini harus menghadapi gugatan balik dari tergugat sebesar  hampir Dua Miliar, dalam perkara Perselisihan Hubungan Indu
  • Minggu,10 Februari 2019 - 12:38:29 WIB

    Curi ECU Mobil, Deni Palembang Digelendang ke Kandang Situmbin

    Curi ECU Mobil, Deni Palembang Digelendang ke Kandang Situmbin GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Tidak lama menikmati hasil curiannya pada sebuah halaman rumah orang berupa sebuah komputer mobil atau ECU, Deni Palembang harus merasakan dinginnya kandang situmbin di Polsek Lima Puluh, Pekanbar
  • Kamis,31 Januari 2019 - 18:50:10 WIB

    Alamak, Tersangka Curanmor Masih Berstatus Pelajar

    Alamak, Tersangka Curanmor Masih Berstatus Pelajar GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Kapolsek Kempas, Inhil, dan jajarannya berhasil mengungkap pelaku pencurian kendaraan bermotor dan langsung menggiring mereka ke balik jeruji Mapolsek, Ironisnya, salah seorang pelaku masih berst
  • Sabtu,26 Januari 2019 - 11:55:30 WIB

    Sebarkan Hoaks Soal PDI Perjuangan, PNS di Kampar Dipolisikan

    Sebarkan Hoaks Soal PDI Perjuangan, PNS di Kampar Dipolisikan GAGASANRIAU.COM, KAMPAR - Beberapa akun Media Sosial (Medsos) Facebook dilaporkan ke polisi karena menyebarkan foto dan video hoaks alias bohong tentang PDI Perjuangan. Salah satu yang dilaporkan berprofesi sebagai Aparatur S
  • Jumat,25 Januari 2019 - 16:19:55 WIB

    Penyebar Hoaks Puan Maharani Resmi Dilaporkan ke Polda Riau

    Penyebar Hoaks Puan Maharani Resmi Dilaporkan ke Polda Riau GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU -  Pengguna medsos Whatsapp bernama Nurzen dilaporkan oleh Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) ke Polda Riau. Pasalnya Nurzen penyebarkan gambar/foto hoaks Puan Maharani.
KABAR TERKINI
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker