Jelang Pilkada 2018 , DPT di Riau Belum Ada Pemutakhiran


Dibaca: 196 kali 
Sabtu,25 November 2017 - 18:47:45 WIB
Jelang Pilkada 2018 , DPT di Riau Belum Ada Pemutakhiran Ilham Yasir Komisioner KPU Riau
GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau menyatakan bahwa data Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk menghadapi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) belum tuntas. Pihak KPU Riau masih menunggu dari pemerintah pusat.
 
"Data DPT belum dimutakhirkan, nanti diakhir Desember tanggal 30 baru mulai dilakukan pemutakhiran dan baru ditetapkan jadi DPT sekitar 20 April 2018" ungkap Ilham Yasir Komisioner KPU Riau kepada GAGASANRIAU.COM, (25/11/2017).
 
Dan dijelaskan Ilham saat ini prosesnya 24-27 November 2017, karena terang Ilham KPU RI masih menunggu data DP4 (Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilihan. Red) dari Mendagri.
 
"Nantinya pada 30 Desember 2017 diserahkan ke KPU di daerah yang melaksanakan Pilkada" ujarnya.
 
Selain itu juga dijelaskan Ilham KPU Riau dari soal pendanaan berdasarkan NPHD (Naskah Perjanjian Hibah Daerah. Red) mendapatkan dana sebesar Rp. 324 milyar dan ini sebut Ilham sudah cukup.
 
"Dari sejumlah angka itu sekitar 180-190 an milyar untuk membayar honor penyelenggara Adhoc, ditingkat Kecamatan (PPK), Kelurahan/deaa (PPS) untuk masa kerja 9 bulan, dan ditingkat TPS (KPPS) masa kerja 1 bulan" ujarnya.
 
Penyelenggara Adhoc ini dipaparkan Ilham jumlahnya kurang lebih 90 hingga 95 ribu orang untuk penyelenggaraan Pilgubri, terdiri dari PPK 820 orang, PPS 5.557 orang, dan KPPS 83 orang bertugas di 11.990 TPS.
 
Selanjutnya sisa anggaran Rp.130 milyar lagi untuk kebutuhan logistik surat suara, Alat Peraga Pasangan Calon, dan keperluan bimbingan teknis mulai dari tingkat Kabupaten Kota, PPK, PPS sampai KPPS.
 
Dan juga terang Ilham, khusus untuk pasangan calon perseorangan diperlukan dana kurang lebih Rp.11 milyar, terutama untuk membiayai tenaga verifikator di lapangan yang tersebar di 1.890 Desa/Kelurahan.
 
"Verifikator ini yang akan mendatangi langsung dari rumah ke rumah terhadap pemilih yang namanya masuk dalam daftar dukungan pasangan calon perseorangan" terangnya.
 
Namun sampai saat ini kata Ilham belum ada satupun calon perseorangan yang mendaftar. "Sampai saat ini belum ada yang datang, Ahad (Minggu) besok hari terakhir" tutup Ilham.
 
Editor Arif Wahyudi

Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker