Ini Catatan Hitam Keuangan Kabupaten Siak, Hasil Audit BPK RI


Dibaca: 1328 kali 
Sabtu,11 November 2017 - 15:17:27 WIB
Ini Catatan Hitam Keuangan Kabupaten Siak, Hasil Audit BPK RI ILUSTRASI (sumber photo konde.co)

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) memiliki banyak catatan tentang pengelolaan keuangan Pemerintah Kabupaten Siak. Dimana dalam temuan tersebut, diindikasikan merugikan keuangan negara hingga milyaran rupiah.

Dimana, sesuai dengan Neraca Pemerintah Kabupaten Siak per 31 Desember 2015. Atas dasar Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara dan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2006.

Dalam temuan BPK RI, menemukan adanya ketidakpatuhan dalam pengujian kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan pada Pemerintah Kabupaten Siak. Pokok-pokok temuan ketidakpatuhan adalah sebagai berikut.

Dan berikut ini "catatan hitam" tersebut yang diolah oleh tim redaksi sebagaimana data yang diterima GAGASANRIAU.COM.

Pertama, Pemkab Siak dalam hal ini dalam temuan BPK RI mengungkapkan bahwa Sisa Uang Persediaan Tahun 2015 Sebesar Rp608.795.255,00 Terlambat Disetorkan ke Kas Daerah.

Kedua, Penetapan Pajak Reklame sebesar Rp98.538.446,77 Tidak Memiliki Dasar Hukum.

Ketiga Pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) Non PLN pada Dinas Pendapatan,  Pengelolaan Keuangan, dan Aset Daerah (PPKAD) Belum Memadai.

Ke empat, Pemkab Siak Membayar Gaji kepada Pegawai yang Telah Berhenti Sebesar Rp61,630 juta.

Kelima Belanja Perjalanan Dinas Luar Daerah pada 24 SKPD Tidak Sesuai Dengan Kondisi senyatanya.

Dan ke enam, Penyaluran Dana Hibah Berturut-turut Kepada Penerima yang Sama dan Penerima  Dana Hibah Belum Menyampaikan Laporan Penggunaan Dana.

Poin ketujuh Kekurangan Volume Fisik Hasil Pekerjaan pada 37 Kegiatan Belanja Modal di Tujuh  Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Siak sebesar Rp1.487.594.084,69.

Poin kedelapan, terdapat Dua Hasil Kegiatan Belanja Modal Konstruksi Tahun 2015 di Dinas Pendidikan yang Masih Belum Dapat Dimanfaatkan.

Dan terakhir, Laporan Keuangan RSUD Kabupaten Siak Belum Sesuai Ketentuan.

Dimana, laporan yang diterima ini mengenai Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih, Laporan Operasional, Laporan Arus Kas, dan Laporan Perubahan Ekuitas, serta Catatan atas Laporan Keuangan untuk tahun yang berakhir pada tanggal tersebut.BPK telah menerbitkan Laporan Hasil Pemeriksaan Keuangan atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Siak Tahun 2015 yang memuat opini Wajar Tanpa Pengecualian dengan Nomor 07.A/LHP/XVIII.PEK/06/2016 tanggal 8 Juni 2016 dan Laporan Hasil Pemeriksaan Sistem Pengendalian Intern Nomor 07.B/LHP/XVIII.PEK/06/2016 tanggal 8 Juni 2016.

Editor Arif Wahyudi


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,11 Desember 2018 - 21:25:56 WIB

    BC Tembilahan Musnahkan Barang Selundupan

    BC Tembilahan Musnahkan Barang Selundupan GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Bupati Inhil HM Wardan diwakili Asisten Administrasi Umum Setda Inhil, RM Sudinoto SP MM menghadiri Pemusnahan Barang yang Menjadi Milik Negara Hasil Pen
  • Senin,10 Desember 2018 - 12:26:18 WIB

    Pemkab Pelalawan Kembangkan Destinasi Wisata Lokal Danau Tajwid

    Pemkab Pelalawan Kembangkan Destinasi Wisata Lokal Danau Tajwid GAGASANRIAU.COM, PANGKALANKERINCI - Danau Tajwdi yang terletak bagian selatan Kelurahan Langgam, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan mulai menarik perhatian banyak orang. Di sana, mata kita akan dimanjakan dengan pemandang
  • Senin,10 Desember 2018 - 13:10:49 WIB

    Tukang Batu di Tembilahan Dibekuk Aparat

    Tukang Batu di Tembilahan Dibekuk Aparat GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN -  Minggu malam 09/12/2018, Polsek Tembilahan kembali berhasil mengamankan seorang pria dengan inisial ZA (35 tahun) diduga gunakan narkoba jenis sabu-sabu.  
  • Senin,10 Desember 2018 - 12:51:39 WIB

    Investasi Banyak, Tapi BUMD Pemko Pekanbaru Masih Lenggang Kangkung

    Investasi Banyak, Tapi BUMD Pemko Pekanbaru Masih Lenggang Kangkung GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Meskipun investor sudah melakukan kerjasama dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, namun hingga kini belum ada menunjukan keuntungan bagi pemerintahan daer
  • Minggu,09 Desember 2018 - 20:28:01 WIB

    Idris Laena dan Edy Sindrang Hadiri Peringati Maulid Nabi dan Seminar 4 Pilar

    Idris Laena dan Edy Sindrang Hadiri Peringati Maulid Nabi dan Seminar 4 Pilar GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Ir H.M Idris Laena MH anggota DPR/MPR-RI dan Edy Haryanto Sindrang anggota DPRD Inhil hadiri peringatan maulid Nabi Muhammad SAW di Desa Rantau Panjang, Kacamatan Enok, Kabupaten Indr
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker